Pernyataan Pers Koalisi Nasional Anti Kudeta Tentang Pidato Presiden Hasil Kudeta


Di hari terakhir bulan Ramadhan, penguasa kudeta mengeluarkan sebuah pernyataan yang mengandung banyak kebohongan dan fitnah. Pernyataan itu ditujukan untuk memperbaiki wajah buruk kudeta militer berdarah.

Di antara poin penting dalam pernyataan, bahwa masa penyelesaian secara diplomatik dianggap telah selesai dengan kegagalan. Dan mereka menuduh pihak Koalisi Anti Kudeta (Ikhwanul Muslimin) sebagai pihak yang bertanggung jawab atas kegagalan tersebut.

Dalam hal ini kami menyatakan bahwa bukanlah kami yang meminta adanya upaya diplomatik pihak asing. Kami meyakini bahwa yang sedang terjadi adalah permasalah internal Mesir, orang Mesir lah yang bertanggung jawab dan mampu menyelesaikannya.

Berikut tanggapan kami atas pernyataan tersebut:

    Kami kembali menekankan penolakan kami terhadap kudeta militer 3 Juli, dan mengecam pembantaian berdarah yang dilakukan terhadap para demonstran damai.
    Kami tetap memegang legitimasi yang berarti kembalinya Presiden Mursi, konstitusi yang telah disahkan rakyat melalui referendum, dan parlemen hasil pemilu.
    Kami menyetujui inisiatif solusi yang diajukan oleh Presiden Mursi. Selain itu, kami siap menerima semua inisiatif solusi yang dibangun atas dasar legitimasi dan bukan kudeta.
    Aksi-aksi kami bersifat damai, dan akan tetap damai walaupun banyak penindasan yang kami alami.
    Selain itu kami juga menyatakan:
    Sampai saat ini, penguasa kudeta belum pernah menampakkan itikad baik untuk menghormati kehendak rakyat yang terwujud dalam demonstrasi besar-besaran yang dilakukan berkali-kali, dan demonstrasi yang tetap bertahan di berbagai bundaran seperti Rab’ah Adawiyah dan Nahdha selama lebih dari satu setengah bulan. Demonstrasi tersebut tidak hanya dilakukan di Kairo, tapi di semua propinsi. Padahal sebelumnya penguasa kudeta menjadikan demonstrasi sebagai ukuran kehendak rakyat. Sampai saat ini, penguasa kudeta juga melakukan politik penindasan, pembunuhan, ancaman, terror, pengepungan dan pembunuhan orang-orang yang berada di dalamnya.
    Kunci penyelesaian masalah ini bukan terletak pada penangkapan, pemalsuan tuduhan, usaha lobby para tahanan, dan sebagainya. Kuncinya hanya satu pengembalian legitimasi dan berdialog dengan Presiden Mursi dalam seluruh masalah tanpa menentukan syarat-syarat.
    Pernyataan-pernyataan penguasa kudeta berisi ancaman tindak kekerasan terhadap para demonstran. Oleh karena itu, kami menimpakan kepada penguasa kudeta seluruh pembantaian dan tindak kekerasan.
    Orang-orang yang terlibat dalam pembantaian tidak akan terbebas dari jerat hukum baik dari pengadilan Mesir maupun pengadilan internasional.
    Kami mengundang seluruh rakyat Mesir dan lembaga-lembaga HAM untuk datang ke tempat-tempat demonstrasi kami agar yakin bahwa aksi-aksi kami bersifat damai, dan agar mereka mengetahui bahwa media-media Mesir menebarkan racun dan kebohongan.

Semoga Allah melindungi Mesir, tentaranya, dan rakyatnya. Allahu Akbar.. Hidup Mesir

Koalisi Nasional Anti Kudeta

Tentu poin ini banyak mendapatkan kritikan. Di antaranya dari Katerine Ashton yang mengatakan, bagaimana mungkin penguasa menyatakan usaha dianggap telah gagal padahal kami masih berada di Kairo dan mengadakan pertemuan dengan berbagai kalangan. (msa/sbb/dkw) DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About MUSLIMINA

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment