Ulasan Pertemuan Para Ulama dengan Raja Salman


Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud menggelar pertemuan dengan beberapa tokoh Islam Indonesia di Istana Merdeka Jakarta, pada Kamis (2/3) siang bersama Presiden Joko Widodo.

Hadir 34 orang ulama dalam pertemuan itu. Mereka adalah perwakilan dari sejumlah pondok pesantren dan organisasi Islam, seperti Majelis Ulama Indonesia (MUI), Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama (NU), dan lain sebagainya.

Pertemuan digelar tertutup di dalam istana dan berlangsung sekitar 10 menit  saja. Hanya tiga orang perwakilan yang diberikan kesempatan untuk menyampaikan pendapatnya di depan Raja Salman. Yaitu Ketua Umum MUI KH Ma'aruf Amin, Ketua MUI Jawa Tengah Habib Luthfi bin Yahya, dan  Ketua Pengurus Pusat Muhammadiyah Yunahar Ilyas.

Apa isi pembicaraan mereka saat berdialog langsung dengan Raja Salman?

Pertama, ungkapan kegembiraan atas kedatangan Raja Salman ke Indonesia. Saat membuka dialognya dengan sang raja, ketiga ulama itu memberikan ucapan selamat datang untuk Raja Salman dengan penuh suka cita.

Kedua, misi perdamaian. Tiga ulama perwakilan menyampaikan harapan mereka agar Indonesia dan Arab Saudi dapat bersama-sama melakukan upaya moderasi untuk mencegah tindakan ekstremis dan aksi terorisme dalam rangka menjaga perdamaian, khususnya di negara-negara Islam.

Ketiga, kerja sama di dua bidang. Tak hanya kompak menjaga perdamaian, para ulama juga berharap agar pemerintah Arab Saudi bersedia bekerja sama di  bidang pendidikan dan kesehatan. Misalnya dengan memberikan dukungan dalam penyelenggaraan pendidikan di beberapa universitas serta lembaga pelatihan bahasa Arab di Indonesia, dan pengembangan metode kesehatan di rumah sakit.

Keempat, kesamaan akidah. Dalam pertemuan itu Raja Salman menyebut hubungan Indonesia dan Arab Saudi diikat oleh akidah yang sama. Sang raja mengimbau agar solidaritas di Indonesia selalu terjaga.

Pertemuan itu dihadiri pula oleh Imam Masjid Istiqlal dan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Raja Salman naik dalam satu mobil bersama Jokowi saat bertolak ke Istana Merdeka. Sebelum menemui sejumlah ulama tersebut, Raja Salman singgah ke Masjid Istiqlal untuk menunaikan salat tahiyatul masjid.

Usai pertemuan, Raja Salman dan Presiden Jokowi berfoto bersama dengan para ulama yang hadir. Agenda kemudian dilanjutkan dengan menanam pohon kayu besi di taman belakang istana. DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment