Muslimina

Wednesday, December 11, 2013

Hijab Bunda Maria Bertuliskan ‘Laa Ilaaha Illallah’


By on 11:16 PM

Ini bukan cerita bualan alias “hoaks”. Dalam sebuah lukisan, sosok Bunda Maria sang Perawan Suci dalam agama Kristiani memang begitu anggun dengan baju kebesarannya, pun dengan hijab yang selalu bergelayut di kepalanya. Namun dalam lukisan yang satu ini, anda akan dibuat terperangah hebat oleh inskripsi arab yang terdapat di tepian hijab yang dikenakan Bunda Maria.
Coba lihat hasil zoom di atas, apa yg telah di lingkari, itulah yang dimaksud lafadz Syahadat.

Seperti halnya anda, Hanum Salsabila Rais, puteri dari Amien Rais sekaligus penulis buku 99 Cahaya Dilangit Eropa sempat dibuat tercengang ketika mengetahui bahwa inskripsi arab yang mengukir di tepian kain hijab yang dikenakan Bunda Maria itu adalah lafaz tahlil ‘Laa ilaaha Illallah”

Dalam bukunya, Hanum memaparkan kisah perjalanannya menjelajahi jejak peradaban Islam yang ada di Eropa. Ia bersama suaminya, Rangga Almahendra membelah peradaban Islam dari Eropa Barat hingga Eropa Timur. Sesampainya di Paris, Hanum pun dibuat tercengang oleh beberapa peninggalan dari peradaban Islam di kota ini dulunya.

Museum Louvre, adalah tempat penyimpanan berbagai benda berharga milik Perancis. Di Museum inilah, lukisan Monalisa yang terpopuler itu berada. Dan disini pula lukisan menakjubkan yang dimaksud Hanum itu berada.

Adalah lukisan karya Ugolino berjudul “The Virgin and The Child” dimana dalam lukisan itu nampak sosok Bunda Maria sedang menggendong “Yesus” bayi. Yang mencengangkan, di hijab Bunda Maria dalam lukisan itu terdapat tulisan Arab Pseudo Kufic. Yang setelah diteliti oleh peneliti Arab World Institute, ternyata tulisannya adalah “Laa Ilaaha Illallah”. Hanum juga mendapati banyak tulisan Arab Kufic di lukisan artefak umat Khatolik. Termasuk tulisan Arab Kufic di jubah seorang raja Katolik taat yaitu Raja Roger II of Sicily dari Austria.

Marion, sahabat Hanum  yang juga seorang  peneliti peradaban Islam Abad Pertengahan yang ahli membaca tulisan Arab Kufic menjelaskan bahwa dulu Timur Tengah dikenal dengan ilmu pengetahuan, seni dan budayanya. Sehingga banyak orang Eropa bepergian ke Timur Tengah dan membeli kain, permadani, lukisan dan lain sebagainya. Dalam barang-barang yang diperdagangkan itu seringkali terdapat tulisan tauhid seperti di atas dan akhirnya ditiru oleh orang-orang Eropa.

Tak hanya soal hijab Bunda Maria yang bertuliskan lafaz “Laa Ilaaha Illallah” Hanum dan Marion membeberkan fakta tentang Axe Historique atau Voie Triomphale yang bermakna ‘Jalan Kemenangan’ yang mereka kaitkan dengan keberadaan bangunan bersejarah di kota Paris itu dengan Mekkah.  Bangunan-bangunan dan lokasi bersejarah di Paris yaitu Monumen le Defense, Arc du Triomphe de l’Etoile, jalan Champ Elysees, Tugu Obelisk, Arc du Triomphe de Carrousel dan Museum Louvre disebut berada pada satu garis lurus dan garis tersebut mengarah ke Ka’bah (Makkah), Arab Saudi.

Jika  ditarik garis lurus Axe Historique ke timur, terus keluar kota Paris dan terus menembus benua lain, ternyata bisa menembus Makkah. Tepatnya Negara pertama di timur tenggara Paris adalah Swiss, di bawahnya adalah Italia, kemudian Yunani. Menyeberangi Laut Mediterania, ada Mesir, lalu Arab Saudi dan Makkah. Dan itulah jalan kemenangan yang dimaksud yaitu Makkah, Kiblatnya umat Islam.

“Maha suci Engkau. Dunia ini bagaikan samudera tempat banyak ciptaan-ciptaanNya yg tenggelam. Maka jelajahilah dunia ini dengan menyebut nama Allah. Jadikan ketakutanmu pada Allah sebagai kapal-kapal yang menyelamatkanmu. kembangkanlah keimanan sebagai layarmu, logika sebagai pendayung kapalmu, ilmu pengetahuan sebagai nakhoda perjalannanmu dan sabar sebagai jangkar dalam setiap badai dan cobaan” (Ali bin Abi thalib ra). (syg/dp/dais)

Muslimina

Blog Informasi Muslim Indonesia dan Dunia

31 komentar:

  1. ah masa? masa iya ah? bener ga tuh? emang itu tulisan arab? coretan kayak gitu bisa dibaca gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, itu emg tulisan laa ilaaha illallah

      Delete
    2. Iya bisa jadi tu , kamu kristen jangan sok tau ya

      Delete
  2. Kalaupun baner, apanya yang aneh? Emang "Laa Ilaaha Illallah" cuma punya Islam doang? Orang Kristen Arab juga sebut Tuhan dengan Allah kok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu sy tuhan Kristen itu trinitas, Laa Ilaaha Illallah artinya tiada tuhan selain Allah berarti hanya satu bukan 3

      Delete
  3. http://reinventingknowledge6.blogspot.com/2011/10/arabic-hems-and-virgin-mary.html

    ReplyDelete
  4. “The Virgin and The Child”

    ReplyDelete
  5. “The Virgin and The Child”

    ReplyDelete
  6. baca ini dl dong biar pinter jng asal cocokologi http://en.wikipedia.org/wiki/Pseudo-Kufic

    ReplyDelete
  7. wkwkwk... ilmu gathuk.. :D

    ReplyDelete
  8. G̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡  heran, karena Nabi Isa pun ajaran Utamanya memang Tahlil, Laa ilaaha illallah, bahkan mengutuk siapapun org Ɣǻ bertuhan pada dirinya...

    ReplyDelete
  9. Orang klo gk bisa bc arab ya gt ... Tolol.... Sok tau ... Klo gk tau gk perlu protes.... Bego

    ReplyDelete
  10. http://www.youtube.com/watch?v=d2sigW76DN4

    ReplyDelete
  11. itu hanya lukisan yang merupakan cipta karya manusia yang mengekspresikan imajinasinya. ini bukanlah sesuatu yang luar biasa. jangan dilebih-lebihkan.

    ReplyDelete
  12. pastingan anda seperti meng"iya kan itu gambar asli aja,.

    ReplyDelete
  13. Apabila datang kebenaran disampaikan,, maka mereka akan selalu menyangkalnya.. (Sejak alquran diturunkan buat nenek moyang merekapun masih disangkal akan kebenarannya, apalagi skrg....)

    ReplyDelete
  14. kan memang faktanya Siti Maryam itu muslimah & Nabi Isa itu Muslim, ajaran yg diturunkan kpd Nabi Isa kan Tauhid. Apanya yg mengherankan???

    ReplyDelete
  15. Muslim negeri ini... Postingan apapun bisa jadi sumber pertengkaran dan saling hujat. Bukankah Nabi tidak pernah mengajarkan yang demikian, saudara-saudaraku?

    ReplyDelete
  16. Tak perlu diperdebatkan. Biarkan hati nurani kita masing2 yg memberi penilaian. Yang pasti ini sebuah fakta yg harus disebar luaskan.

    ReplyDelete
  17. Tak perlu diperdebatkan. Biarkan hati nurani kita masing2 yg memberi penilaian. Yang pasti ini sebuah fakta yg harus disebar luaskan.

    ReplyDelete
  18. Tak perlu diperdebatkan. Biarkan hati nurani kita masing2 yg menilai. Yg pasti ini fakta yg harus di sebarkan

    ReplyDelete
  19. Tak perlu berdebat, menurut keyakinan masing2 aja?
    I love islam

    ReplyDelete
  20. Lagian itu cuma lukisan doang ygbuat manusia jadi suka di lebih2 khan oleh manusia. Lukisan bunda maria kok beda dgn patung bunda maria? Klw sdh buatan tangan manusia semuanya bisa di lebihkan.

    ReplyDelete
  21. Klo yg buat org arab, ya tulisanx arab lah. Klo yg buatx org india ya tulisanx india, begitu juga klo yg buat org latin ya tulisanx latin. Bego amaty sih. Emang klo tulisan arab knapa.? Masalah gitu.???

    ReplyDelete
  22. Bahasa qolbu hanya bisa di tangkap oleh qalbu jg...

    ReplyDelete
  23. Kenapa kalian semua pada bilang kalo 'Jangan dilebih-lebihkan'? Nih ya, sebenarnya itu, yang diajarkan ke Nabi Isa adalah Islam. Karena beliau bisa meyembuhkan berbagai macam penyakit (atas izin Allah), jadinya pengikutnya ada yang mengkhianati. Dia mengira kalau Isa itu Tuhan
    Jadinya begitu. Yaudah terserah kalian sih yang ikut agama nenek moyang. Lagian juga usia bumi udah terlalu tua. Nanti stelah kiamat, kalian semua akan tahu siapa sebenarnya yang benar. Begitu! Coba aja deh

    ReplyDelete
  24. Sudah sudah, kristen dan islam dalam ajaran nya mmg yg salah yg awalnya kok.
    Pdhl kalo ditarik lurus
    Ajaran nya cuma satu = cinta kasih
    Nah Tuhan itu mau kita hidup penuh kasih dam rukun, bukam cuma membahas perbedaan terus. Salam kasih

    ReplyDelete
  25. goblok .. mana ada tulisan arab di era tulisan ibrani ... cara baca aja dah beda ... tulisan arab lahir atau mulai tenar tuh abad ke enam saat nabi mu lahir ...

    ReplyDelete
  26. kenyataan nya bapa bangsa arab adalah ismail yang di buang ..

    ReplyDelete


 
".