Inilah Suasana Ka’bah 63 Tahun Lalu


 Ini adalah gambar area sekitar Ka’bah pada 63 tahun silam, atau sekitar tahun 1954. Dalam gambar itu terungkap bila area dalam Masjidl Haram sebenarnya bentuk persegi panjang.

Di foto itu terlihat jelas area mataf atau area  yang menjadi tempat  umat Islam mengelilingi Ka’bah. Di situ dahulu ternyata ada sebuah pagar yang berada di area masjid dari arah pintu Bani Shaibah.

Peneliti Masjid Nabawi dan Masjidil Haram, Mohieddine Hashemi menjelaskan bahwa payung yang dipasang di atas serambi Ottoman itu dibuat atas perintah Raja Abdul-Aziz. Tujuannya untuk melindungi jamaah dari sengatan terik matahari.

Bukan hanya itu, duhulu ternyata ada empat bangunan di antara Maqam Ibrahim AS dan bangunan sumur air Zam Zam. Dan dari gambar ini juga menjelaskan bila di masa lalu area tawaf  terbagi menjadi dua area, yaitu area ‘tawaf lama’,  yakni berada di dalam pagar yang berlantai batu dan  arena di luar pagar yang berantai pasir yang ditaburi bebatuan.

Hasemi mengatakan keempat bangunan itu juga sempat dianggap melambangkan empat Mazhab “Shafi’I, Hanbali, Maliki, dan Hanafi. Namun atas perintah Raja Avdul Aziz bangunan itu kemudian di ratakan.

Perlu diketahui, dokumen pertama yang merekam suasana Masjidil Haram itu diambil pada tahun 1880. Jadi sudah ada sejak 139 yang lalu. (jk/rol) DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment