TURKI MEMBUAT KAPAL GENSET RAKSASA UNTUK SUPLAI LISTRIK KE INDONESIA


Berdiri di depan kapal itu rasanya bak semut di depan tyranosaurus alias T-rex. Inilah kapal pembangkit listrik terbesar di dunia yang akan dikirim ke Indonesia dan akan memasok setrum ke jaringan PLN di Sumatera Utara.

Kapal 'genset' raksasa kelas Khan dengan kapasitas 470 megawatt tersebut tengah dirakit di galangan kapal Sedef Shipbuilding di Teluk Touzla, Istanbul, Turki. Sedef merupakan pemilik galangan kapal swasta terbesar di Turki.
"Bahkan kapal ini lebih besar dari kapal Titanic," kata Sibel Yucel, Koordinator Pengembangan Bisnis Karpowership Company, di Istanbul, Turki, Kamis (29/9/2016).

Dengan panjang 300 meter, lebar 46 meter dan tinggi 60 meter, kapal milik Karpowership itu memang lebih besar ketimbang kapal legendaris Titanic yang panjangnya 269 meter. Titanic tenggelam di Laut Atlantic dalam pelayaran perdana lebih dari seabad silam.

Targetnya, menurut Ufuk Berk, Direktur Karpowership Indonesia, kapal itu akan angkat sauh dan berangkat ke Belawan, Medan, pada Januari 2017 dan tiba pada Februari 2017. Kapal Karpowership akan menutup kekurangan pasokan setrum di jaringan Sumatera Utara.

 Tahun lalu, perusahaan asal Turki itu telah menandatangani kontrak jual beli setrum dengan PLN selama lima tahun untuk sejumlah daerah. Satu kapal, Karpowership Zeinep Sultan sudah beroperasi di Sulawesi Utara awal tahun lalu.

Model kapal pembangkit setrum, kata Sibel, punya banyak kelebihan. Kapal ini hanya perlu waktu perakitan kurang dari setahun, ketimbang pembangkit listrik di darat yang butuh waktu bertahun-tahun. Namanya kapal, dia juga gampang dipindahkan ke manapun yang kekurangan listrik.


DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment