DIMESIR HIDUP AMAN TANPA JENGGOT


Seorang warga Mesir yang berada di Kairo memberikan kesaksian kepada media bahwa hidupnya menjadi lebih aman tanpa jenggot.

Abdul Salam Badr (29), tidak punya pilihan selain mencukur jenggotnya untuk menyelamatkan diri untuk menghindar dari menjadi target dalam tindakan keras pasukan kemanan Mesir terhadap pendukung Presiden terguling Muhammad Mursi, Modern Ghana melaporkan yang dikutip Kantor Berita Islam MINA (Mi’raj News Agency), Kamis (22/8).

Dalam beberapa hari terakhir, tanda-tanda yang jelas dari kesalehan telah menjadi sesuatu yang menarik kecurigaan bagi pasukan keamanan di pos pemeriksaan dan warga yang ingin menyerang Islam di Ibukota Mesir.

"Saya berada di dalam taksi menuju ke kamar mayat, mengangkut tubuh teman saya yang tewas dalam demonstrasi," kata Badr.

"Saya dihentikan oleh anggota kelompok yang main hakim sendiri karena saya punya jenggot. Satu-satunya hal yang menyelamatkan saya adalah fakta bahwa saya mengangkut mayat," kata lelaki yang mengatakan bahwa ia tidak setia kepada organisasi politik apapun.

Dan di sebuah salon kecil berdebu, Badr  mencukur rambut yang menepel di wajahnya. "Karena hidup telah menjadi lebih aman tanpa jenggot," katanya.

Penggulingan Mursi, anggota Ikhwanul Muslimin, telah memicu perburuan terhadap mereka yang dianggap sebagai pendukungnya.

Kampanye itu dipicu oleh media dalam negeri yang telah menyiarkan gambar orang-orang bersenjata berjenggot yang diduga menembaki pasukan keamanan selama demonstrasi.
Kelompok oposisi yang disebut "komite populer", milisi daerah sekitar, telah membuat hidup warga Mesir lebih buruk, karena memberikan kesempatan bagi warga untuk menimbulkan kerusakan, terutama di Kairo setelah waktu jam malam dilaksanakan.

Profesor Ilmu Politik di Universitas Kairo, May Moujib mengatakan bahwa orang-orang yang memelihara jenggot membayar mahal untuk para anggota Ikhwanul Muslimin dan kelompok-kelompok Islam lainnya.

Mereka yang terkena dampak tersebut adalah dari anggota Ikhwanul Muslimin yang sebenarnya dan bagi mereka yang tidak memiliki afiliasi dengan kelompok, tapi kebetulan mereka berjenggot.

Seorang fotografer dari negara Barat memutuskan untuk mencukur jenggotnya setelah berulang kali ditegur di jalanan dan merasa terancam karena pihak keamanan Mesir mengira dia seorang anggota Ikhwanul Muslimin.

Sementara itu, seorang sopir taksi yang berjenggot, mengakui bahwa pelanggan semakin enggan untuk menggunakan jasanya.

Beberapa khatib bahkan memberikan dispensasi agama kepada umat yang ingin mencukur jenggot mereka untuk menghindar dari sasaran.

"Ini adalah pertanda buruk bagi masa depan dan indikasi perpecahan antara orang Mesir," kata Nivine Messad, juga seorang profesor bidang ilmu politik di Universitas Kairo. (mina). DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About MUSLIMINA

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment