Sultan Hasanal Bolkiah


NAMANYA tengah menjadi pembicaraan karena berani memutuskan penggunaan hukum Syariah Islam di Brunei Darussalam. Pun pelaksanaannya efektif April 2014 mendatang, tapi Sultan Hasanal Bolkiah mendapatkan banyak respon positif terkait hal ini. Siapa Sultan Hasanal Bolkiah?

Jenderal Haji Sir Hassanal Bolkiah Mu’izzaddin Waddaulah GCB GCMG lahir 15 Juli 1946, adalah Sultan ke-29 dan Yang Di-Pertuan Brunei Darussalam serta Perdana Menteri pertama Brunei Darussalam. Ia adalah putra sulung Omar Ali Saifuddien III, Sultan Brunei ke-28, dan Pangeran Anak Damit. Ia dilahirkan pada tanggal 15 Juli 1946 di Brunei Town (sekarang disebut Bandar Seri Begawan). Ia menjadi putra mahkota pada tahun 1961 dan sultan pada 5 Oktober 1967, setelah ayahnya turun tahta secara sukarela. Penobatannya dilakukan pada tanggal 1 Agustus 1968.
Di bawah konstitusi 1959 Brunei, Sultan adalah kepala negara dengan kekuasaan eksekutif penuh, termasuk kekuasaan darurat sejak tahun 1962. Pada tanggal 9 Maret 2006, Sultan dilaporkan telah mengubah konstitusi Brunei di bawah hukum Brunei. Bolkiah juga merupakan Perdana Menteri serta memegang portofolio Menteri Pertahanan dan Keuangan. Sebagai Menteri Pertahanan, dia juga merangkap Panglima Tertinggi Royal Brunei Angkatan Bersenjata, Anggota Kehormatan di angkatan bersenjata Inggris dan Indonesia dan Laksamana Kehormatan Armada di Angkatan Laut Inggris. Dia menunjuk dirinya sebagai Inspektur Jenderal Polisi (IGP) dari Royal Brunei Police Force.
Sultan mengecap pendidikan di sekolah menengah utama Lembaga Victoria Malaysia di Kuala Lumpur, di mana ia bergabung dengan Korps Kadet (drum band). Setelah menerima pendidikan swasta di Brunei, Sultan menjadi mahasiswa di Royal Akademi Militer Sandhurst pada Oktober 1967 namun kembali ke negaranya untuk menjadi Putra Mahkota hanya beberapa bulan sebelum kelulusan. Meskipun dari sisi pribadi terkenal sangat boros, ia jugaberbagi kekayaan minyak negara itu. Di Brunei, semua layanan pendidikan dan kesehatan gratis. Juga tidak ada pajak pribadi maupun perusahaan.

Kediaman resminya adalah Istana Nurul Iman, dengan 3.400 kamar, 290 kamar mandi, dan luas lantai 2.152.782 kaki persegi (200.000 m²), menjadikannya sebagai kedua istana terbesar di dunia setelah Beijing’s Forbidden City (720.000 m²). Banyak departemen seperti departemen protokol Istana, rumah tangga Istana dan keuangan dan kantor Perdana Menteri bertempat di sini.
Sultan saat ini memiliki satu istri. Mantan istri keduanya, Pengiran Isteri Hajah Mariam, adalah mantan pramugari maskapai nasional, Royal Brunei Airlines (RBA) yang ia ceraikan pada 2003. Pada bulan Agustus 2005, ia menikahi mantan presenter TV3 Malaysia, Azrinaz Mazhar Hakim, yang berusia 33 tahun lebih muda dari Sultan. Mereka bercerai pada tahun 2010. Pangeran Al-Muhtadee Billah adalah putra mahkota dan pewaris Sultan, anak tertua dari Sultan dan Raja Isteri Pangeran Anak Saleha, istri pertamanya. Pada tahun 2008, Hassanal Bolkiah memiliki lima putra dan tujuh putri dari tiga istrinya. [wikipedia] DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About MUSLIMINA

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment