Kekerasan dan Korban Jiwa Meningkat, PBB Tangguhkan Bantuan untuk Pengungsi Rohingya di Myanmar


Program Pangan Dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa (WFP) menghentikan pekerjaan bantuan di Negara Bagian Rakhine, Myanmar, karena kekerasan meningkat dengan korban jiwa yang terus melonjak di antara komunitas Muslim Rohingya.

Dalam beberapa hari terakhir, puluhan ribu Rohingya telah menyeberang ke Bangladesh untuk menghindari pembunuhan massal yang mereka katakan sedang dilakukan oleh pasukan Myanmar.

Pejabat Myanmar menyalahkan kelompok Arakan Rohingya Salvation Army (ARSA) terkait pembakaran rumah di daerah tersebut. Namun warga sipil Rohingya mengatakan bahwa pembakaran dan pembunuhan dilakukan oleh tentara Myanmar dengan tujuan untuk memaksa mereka keluar dari negara tersebut.

“Kami berkoordinasi dengan pihak berwenang untuk melanjutkan distribusi ke semua komunitas yang terkena dampak secepat mungkin, termasuk untuk orang-orang yang baru terkena dampak kerusuhan saat ini,” kata WFP dalam sebuah pernyataan, Sabtu (2/9/2017) sebagaimana dilansir Aljazeera.

Penangguhan operasi bantuan pangan akan mempengaruhi 250.000 pengungsi dan “populasi paling rentan lainnya”, kata pernyataan tersebut.

Dari jumlah itu, sekitar 120.000 orang—kebanyakan dari mereka warga Muslim Rohingya—mengandalkan bantuan di kamp sejak 2012, ketika kerusuhan yang berujung pada pembantaian memicu sebuah krisis yang kian menambah panas negara itu.

Dalam beberapa hari terakhir, gelombang lain dari 58.600 Muslim Rohingya telah melarikan diri ke Bangladesh, menurut badan pengungsi PBB UNHCR. Lembaga bantuan, termasuk WFP, dituduh pro-Rohingya, sehingga karena situasi tidak kondusif itu, bantuan pun ditarik kembali.

Pemerintah Myanmar juga menuduh WFP membiarkan jatah mereka jatuh ke tangan pejuang Rohingya, yang mereka tuding melancarkan serangan pada 25 Agustus lalu terhadap pos polisi.

Badan PBB itu menolak tuduhan dari pemerintah Myanmar tersebut. (S)

Sumber: Aljazeera/suara islam DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment