Dari Mana Sofyan Alop, Imam Berambut Gimbal, Belajar Qiraah?


Sofyan Alop, salah satu aktor pada film Raid, mendadak ramai menjadi bahan perbincangan karena suara merdunya saat mengimami shalat. Banyak orang yang kagum dan tidak percaya dengan merdunya lantunan ayat-ayat suci dari mulutnya saat menjadi imam dalam shalat.

Sebenarnya, belajar dari mana pria berambut gimbal ini?

Berdasarkan pengakuannya, Sofyan belajar secara otodidak, tanpa bantuan guru manapun. Ia hanya kerap menonton video imam-imam besar saat melantunkan ayat suci Alquran di YouTube.

“Saya nggak tahu karena bakat alam atau apa. Setelah ke sini-sini, saya tuh selalu setiap hari dengar YouTube imam-imam besar, saya coba ikutin irama mereka, tapi saya coba pakai irama sendiri,” ujar Sofyan seperti yang dilansir oleh Detik, Sabtu (29/7/2017).

Sofyan mengakui bahwa dirinya terinspirasi dari suara para ulama besar seperti imam besar Masjidil Haram, Abdurrahman as-Sudais, Anas Bourak, hingga Syaikh Misyari Rasyid.

“Saya punya ciri khas sendiri, dan saya kolaborasi suara mereka. Kalau shalat magrib, biasanya saya di rakaat pertama dan kedua sengaja tidak sama nadanya. Misalnya rakaat pertama saya bikin imam Abdurrahman as-Sudais rakaat kedua imam Syaikh Misyari Rasyid,” ujar Sofyan.

Pada video yang viral tersebut, Sofyan sedang memimpin shalat magrib berjamaah di rakaat kedua. Ia membacakan surat Al-Fatihah dan Al-Jumuah. Sofyan mengatakan, irama yang ia lantunkan di rakaat kedua hasil ciptaan sendiri.

“Rakaat kedua irama saya sendiri ciptain, saya improve saja. Rakaat pertama lupa,” kata Sofyan.

Gubernur Maluku Utara Abdul Ghani Kasuba pun kagum dengan suara merdu Sofyan. Menurut Sofyan, awalnya sang gubernur sempat memandang sebelah mata karena penampilannya. DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment