Aneh, Yahudi Dukung Program Nuklir Iran


Pemandangan yang agak aneh namun sebenarnya tidak mengejutkan terjadi di Teheran, Iran. Ratusan warga Iran pada Selasa (19/11/2013) berdemonstrasi mendukung keberangkatan delegasi Iran ke Jenewa, Swiss, untuk membahas program nuklir mereka di depan negara-negara barat. Didalamnya termasuk pula warga Yahudi yang membawa simbol-simbol religius mereka, seperti Torah.

Warga Yahudi Iran ini membawa spanduk dukungan terhadap kebijakan nuklir Iran di bawah bimbingan Grand Ayatollah Khamenei. “Kita Yahudi Iran, mengumumkan dukungan penuh kita kepada tim negosiasi Iran dalam pembicaraan dengan grup 5+1 (grup lima dewan keamanan tetap PBB plus Jerman) dan kami menyarankan partai lain untuk merebut peluang ini.” Begitu bunyi statemen yang tertuang dalam spanduk.

Stasiun Televisi Iran juga turut menayangkan demonstrasi ini. Sebelumnya juga telah beredar info bahwa komponen Yahudi dari seluruh pelosok Iran akan berkumpul di depan kantor PBB di Teheran untuk menyatakan dukungan mereka terhadap program nuklir ini. Iran sendiri pada hari Rabu (20/11/2013) telah berada di Swiss untuk berbincang dengan kelompok 5+1 ini.

Yahudi memang komponen masyarakat yang difasilitasi di Iran, bahkan mereka mendapat jatah parlemen. Jumlah Yahudi di Iran adalah jumlah terbanyak di Israel selain di Turki. Berbeda dengan Ahlus Sunnah yang ditekan, meski eksistensi mereka kelihatan malu-malu, Yahudi di Iran mendapatkan fasilitas yang baik dari Agama Syiah yang berkuasa di negeri ini.[muslimina/sksd/dbs] DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About MUSLIMINA

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment