Sekjen PBB Tuntut Hamas Bebaskan Tentara Israel yang Diculik


SEKRETARIS Jenderal PBB Ban Ki-moon Jumat kemarin (1/8/2014) menuntut agar seorang tentara Israel yang ditangkap di Gaza segera dibebaskan dan dirinya mengutuk penangkapan tersebut.

Ban menyerukan Israel dan Hamas untuk menahan diri dan kembali ke 72 jam gencatan senjata yang runtuh setelah dua tentara tewas dan yang ketiga dilaporkan ditangkap di dekat kota Rafah Gaza selatan.

“Sekjen menuntut pembebasan segera dan tanpa syarat dari prajurit Israel yang ditangkap,” kata juru bicaranya dalam sebuah pernyataan.

Ban dilaporkan terkejut dan menyatakan kekecewaannya yang mendalam atas kekerasan terbaru dan memperingatkan bahwa jika laporan serangan terhadap tentara Israel dikonfirmasi maka ini akan merupakan pelanggaran berat terhadap gencatan senjata, pernyataan itu menambahkan.

“Langkah-langkah tersebut mempertanyakan kredibilitas jaminan Hamas ke PBB,” kata pernyataan Ban.

Tindakan Sekjen PBB ini mencerminkan ketidakadilan PBB dalam menilai konflik di Gaza. Berkali-kali Israel melanggar gencatan senjata, namun sekjen PBB tidak beraksi semurka ketika Hamas dituduh melakukan pelanggaran gencatan senjata.

Hamas sendiri membantah bertanggung jawab dan menyatakan bahwa insiden pembunuhan dua tentara Israel dan penculikan satu perwira Israel, terjadi sebelum gencatan senjata diberlakukan. Dan Hamas menuduh Israel mengangkat isu ini untuk menutupi kejahatan mereka di Gaza.[fq/islampos/afp] DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About MUSLIMINA

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment