Tifatul Sembiring, Politikus Dengan Followers Terbanyak di Twitter


Menteri Informasi dan Komunikasi Tifatul Sembiring terpantau sebagai pemilik akun Twitter dengan pengikut atau followers terbanyak untuk kalangan politisi. Tifatul mengalahkan para artis yang menjadi menjadi politisi atau para artis yang saat ini sudah menjadi calon legislatif (Caleg).

“Sebanyak 10 akun caleg dengan jumlah followers terbanyak ternyata didominasi oleh akun-akun politisi bukan akun caleg artis. Hanya ada satu akun public figures yakni akun Twitter Farhat Abbas di daftar peringkat tersebut,” kata Direktur Politicawawe Yose Rizal di Jakarta, Jumat (28/3).

Yose menjelaskan angka itu berdasarkan pantauan (monitoring) Politicawave, mulai 16 Maret hingga 23 Maret 2014. Hasilnya menunjukkan urutan pertama ditempati @tifsembiring (732.015 followers) dari PKS. Urutan kedua dan ketiga ditempati kader dari partai Demokrat yakni @farhatabbaslaw (571.132 followers) dan @ulil – Ulil Abshar Abdalla (350.020 followers).

Dia juga menjelaskan “mention” adalah salah satu cara di Twitter agar netizen atau pengikut dapat membuka percakapan dengan sang pemilik akun Twitter. Jumlah mention juga bisa menandakan bahwa akun tersebut memiliki popularitas atau sering dibicarakan meskipun akun tersebut tidak melakukan aktivitas di social media.

Dari hasil pantauan Politicalwave, akun caleg dengan mention tertinggi dipegang oleh politisi dari partai PKS yakni @fahrihamzah dengan 1,509 mention. Kemudian diikuti oleh @Ulil dari Demokrat dengan 1,391 mention dan @hnurwahid dengan 1,168 mention.

Sayangnya, margin tertinggi perbandingan antara mention sebagai politisi partai dan caleg, banyak dibawah 50 persen. Hanya ada satu akun caleg yakni @votedespenompu dari partai Nasdem yang jumlah mentionnya 100 persen terkait dengan pencalegan.

“Dapat disimpulkan bahwa sebagian besar para caleg lebih dikenal sebagai pribadi lain, yakni sebagai politisi atau public figures dibandingkan sebagai calon wakil rakyat,” tuturnya.


*www.beritasatu.com DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About MUSLIMINA

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment