Saudi: Jangan Tonton The 99, Film Kartun Superhero Islam


RIYADH--Seorang ulama ternama Arab Saudia, Senin (24/3/2014), menyatakan sebuah film kartun pahlawan super yang terinspirasi agama Islam merupakan sebuah pekerjaan setan dan tidak boleh ditonton Muslim.

Film kartun yang diangkat dari komik "The 99" itu saat ini tengah disiarkan stasiun televisi milik pengusaha Arab Saudi MBC3 yang berbasis di Dubai, Uni Emirat Arab.

Namun, Sheikh Abdulaziz al-Sheikh, dalam fatwanya mengatakan serial kartun itu adalah sebuah penghujatan karena nama kelompok pahlawan super itu mengacu pada 99 nama Allah yang diimani umat Muslim.

"Film kartun 'The 99' adalah pekerjaan setan yang harus dikecam dan dilarang demi penghormatan nama Allah," kata Sheikh Abdulaziz.

Versi asli komik ini terbit pada 2006, dan langsung mendapat kecaman umat Muslim garis keras tak hanya di Arab Saudi namun juga di Kuwait, tempat komik itu diproduksi.

Komik itu, yang diproduksi dalam bahasa Inggris dan Arab, memenangkan banyak penghargaan dan pujian, termasuk dari Presiden AS Barack Obama dan Emir Kuwait, Sheikh Sabah al-Ahmed al-Sabah.

Kedua pemimpin itu menilai komik tersebut membawa pesan perdamaian dan dialog antarbudaya. Buku komik ini sudah dijual di seluruh dunia dan dijual dalam bentuk suvenir bahkan memiliki taman hiburan sendiri di Kuwait dan serial televisi dalam bahasa Arab. (AFP/kompas.com) DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About MUSLIMINA

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment