Lagi-lagi PKS Putihkan Socmed


Oleh : Abu Haniyya

Hari-hari dimana masyarakat sibuk dengan urusannya sendiri, PKS kembali mengguncang media sosial (social media/socmed). Kampanye Terbuka PKS di berbagai tempat membuat ‘passion’ pendukung PKS di Media sosial untuk berbagi semakin tinggi. Momen-momen kampanye yang unik, mengesankan dan mengobarkan semangat segera meluncur di media sosial sejak pagi tadi.

Seperti yang ditulis oleh admin pkspiyungan.org, kampanye PKS hari Selasa (25/3/2014) di berbagai tempat khususnya di Sumatera Barat dan Jawa Barat menjadikan kata PKS kembali terekam sebagai Trending Topic di Twitter.  Hashtag (baca hestek) #JabarPilihPKS menjadi TT Indonesia untuk beberapa waktu mulai siang ini.

Hasil penelusuran pada mesin analisis perbincangan (brand) di media sosial mencatat hasil yang menakjubkan. Di situs politicawave, nama PKS melambung menempati posisi pertama di dua provinsi yang ramai kegiatan kampaye PKS. Share momen kampanye dengan hestek dengan kata PKS penulis asumsikan mampu mendongkrak melonjaknya perbincangan PKS di medsos. PDIP yang pemberitaannya selalu muncul di media mainstream akhirnya harus mengakui kalah oleh PKS di dua provinsi yang dipimpin kader PKS ini. (Gambar Peta Jabar -atas- dan Peta Sumbar -dibawah ini-)
Menariknya, secara keseluruhan, perbincangan PKS di medsos bisa mengalahkan PDIP hingga saat ini. Hal ini terekam di mesin penganalisa social media TOPSY. Dengan memasukkan kata kunci PKS dan PDIP pada kolom diatas, maka muncullah grafik perbandingan jumlah mention PKS dan PDIP.
Selama sebulan ini (23 Feb-25 Maret 2014) jumlah mention tentang PKS mencapai angka 418.116 menang atas PDIP yang hanya 358.816 mention (Gambar PKS vs PDIP). Lebih menarik lagi ketika hektek #JabarPilihPKS ditelusuri di SOCIAL TREND di TOPSY, muncul satu link yang terkait topic tersebut di jajaran top 20.000. Sangat jarang topic khusus bisa masuk ke jajaran social trend bila tidak sangat luar biasa diperbincangkan publik di media sosial. (Gambar JabarPilihPKS_socialtrend).
Penulis kemudian mencari data lain yang bisa menggambarkan betapa tingginya passion pendukung PKS mengobarkan semangat sesama pendukungnya khususnya pengguna gadget online. Situs Social Mention merekam beberapa data unik tentang Sentiment dan Passion keyword #JabarPilihPKS. Ini Hasilnya (Gambar Sentiment dan Passion Social Mention).
Sampai pada pukul 16.00 angka Sentiment dengan topic #JabarPilihPKS masuk dalam angka 21:0 (positif). Sentiment disini diartikan oleh Social Mention adalah rasio mention-mention yang secara umum positif terhadap mention yang secara umum negatif. Sedangkan Passion diukur dari kemungkinan dimana bahwa individu –individu memperbincangkan tentang brand/topik tertentu degan melakukannnya berulang-ulang. Nah, passion #JabarPilihPKS cukup tinggi saat itu yakni 42%.
Fenomena berulangnya PKS memutihkan medsos perlu mendapat respon pergerakan nyata di lapangan secara lebih masif. Aksi memutihkan medsos pasca GBK (Kampanye di Gelora Bung Karno), nampaknya menjadi inspirasi pendukung PKS untuk memobilisasi massa dan aksi di dunia maya untuk mengobarkan semangat, bersaing secara elegan menarik simpati rakyat. Demikian pula aksi kampanye yang “memutih” dan luber dengan massa bak lautan membuat pendukung PKS menemukan amunisi tak terbatas untu terus menguasai medsos.

Lawan Panik

Aksi penguasaan medsos pendukung PKS tentu tidak dibiarkan begitu saja. Setiap brand PKS nangkring di TT Twitter, segera ada “pengganggu” yang membuat tandingan hestek yang disama-samakan. Lihat saja usai #JabarPilihPKS menembus TT Indonesia tak lama kemudian muncul hestek #JabarPilihSpikers. Mungkin Anda juga akan ingat dimana #SayaPilihPKS juga tergeser dengan cepat dengan #SayaPilihSpikers. So, pasti ada pihak yang tidak suka PKS selalu menjadi trend di media sosial. Diduga banyak akun berbayar yang siap “menyerang balik” brand PKS untuk tidak berlama-lama nangkring di media sosial khususnya twitter.

Tetap berjuang kawan. Aksi dari pendukung yang ikhlas dan berjuang untuk kebaikan akan selalu menang melawan kedengkian dan kebencian. Semoga mereka yang belum mendukung PKS akan ikut serta dalam memutihka Indonesia, di dunia maya dan dunia nyata sampai akhirnya PKS memenangka pertarungan di bulan April nanti.

Salam 3 Jari dari Bogor untuk Indonesia.

Abu Haniyya – Bogor
@abu_haniyya3 on twitter DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About MUSLIMINA

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment