INILAH PARTAI PARTAI YANG BERAFILIASI KEPADA IKHWANUL MUSLIMIN.


By : Yusuf Dirgantara

1. PARTAI KEADILAN DAN KEBEBASAN MESIR

Partai Keadilan dan Kebebasan (Hizbul "adalah wal Huriyah) didirikan oleh anggota Ikwanul Muslimin di Mesir paska jatuhnya Hosni Mubarak Yang Merintah Mesir selama puluhan tahun dengan tangan besi.

Partai ini menjadi pemenang pemilu pertama yang diadakan secara demokratis di Mesir setelah tumbang rezim Fir'aun Mubarak.

Tidak saja menguasai Parlemen dengan 50% kursi, Partai ini juga menjadikan kader terbaiknya sebagai Presiden pertama Mesir dari kalangan sipil, Muhammad Mursi terpilih sebagai Presiden Mesir setalah sebelumnya unggul atas Ahmad Shafiq yang juga kroni dari Mubarak

Namun kemenangan Partai Keadilan dan Kebebasan di Mesir hanya berlangsung setahun, Adalah As-sissi Menteri pertahanan yang diangkat oleh Presiden Mursi ini akhirnya mengkudeta secara paksa pemerintahan yang dipimpin oleh Ikhwan.

Kudeta terhadap Mursi oleh As-sisi ini membuat lebih dari 7000 umat islam syahid dibantai oleh seorang pengkhianat As-sisi

2. AKP TURKI

AKP Turki dengan Pemimpin Erdogan mampu menjadi mayoritas di parlemen Turki seteah sebelumnya selama puluhan tahun kaum sekuler pengikut Attaturk berkuasa.

AKP Turki didirikan oleh Anggota Ikhwanul Muslimin Turki yang bercita-cita ingin mengembalikan Emperor Kekhalifahan Turki Utsmani.

Kemenangan AKP Turki atas partai-partai sekuler membuat perpolitikan dunia berubah secara dratis,Hukum Islam di Turki secara berlahan-lahan diterapkan,bahkan jilbab yang dulunya dilarang kini sudah diperbolhkan kembali.

3. HAMAS

Hamas didirikan oleh Syekh Ahmad Yasin Seorang Pemimpin Ikhwanul Muslimin di Palestina, Pada awalnya Hamas didirikan sebagai respon perjuangan untuk membebaskan Palestina dari cengkraman Israel.

Pada tahun 2006 Hamas mengikuti pemilu untuk pertama kalinya dan secara mengejutkan menang mutlak atas pesaingnya Fatah,kemenangan Hamas disambut sukacita oleh warga Palestina baik yang ada di Gaza maupun di Tepi Barat.

Pada tahun 2007 para pengikut Fatah yang pro Israel melakukan pengkhianatan yang menyebabkan Palestina terbagi dua, jalur Gaza dikuasai oleh Hamas sementara Tepi Barat dikuasai oleh Fatah.

Hamas memiliki unik militernya tersendiri yang bernama Brigade Al Qasam yang disebut-sebut sebagai Faksi Militan bersenjata tertangguh di dunia,terbukti ketika Israel melakukan serangan ke Jalur Gaza dengan mengerahkan ratusan ribu tentara baik di darat,laut dan udara tidak membuat Hamas hancur, bahkan sebaliknya tentara Israel harus pulang kembali dengan tangan kosong dengan kerugian jiwa dan materi

4. PARTAI AN NAHDA TUNISIA

Partai ini didirikan setalah tumbangnya diktator Ben ali, Partai ini di gawangi oleh Rasyid Ghanusyi seorang Tokoh Ikhwanul Muslimin Tunisia.

Pada Pemilu tahun 2010 Partai menang dengan perolehan suara lebih dari 40% suara yang membuat Partai ini menjadi Partai penguasa di Tunisia.

Pada awalnya gerakan ini berorientasi pada kegiatan pemikiran secara sembunyi-sembunyi di dalam masjid-masjid, hingga  namanya berubah menjadi "Harakah al-ittijah al-Islami" (Gerakan Haluan Islam). Kini, partai Islam ini banyak membuat partai sekuler khawatir. Termauk di antaranya Parti communiste des travailleurs tunisiens (Partai Buruh Komunis Tunisia), partai oposisi berorientasi pemikiran Marxisme-Leninisme, dipimpin oleh  Hamma Hammami yang sangat keras melawan An-Nahda.

5. PKS INDONESIA

PKS pada awalnya bernama PK didirikan pada tahun 1998 sebagai respon reformasi setalah tumbangnya rezim Soeharto.

Partai ini didirikan oleh para pegiat dan para aktivis dakwah dan dideklarasikan di Masjid Al-Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta, pada 20 Juli 1998, dan mengangkat Nurmahmudi Isma'il sebagai presiden pertamanya.

6. PAS MALAYSIA

Parti Islam Se-Malaysia), disingkat PAS, adalah sebuah partai politik di Malaysia. Partai ini didirikan oleh kader-kader Ikhwanul Muslimin di Malaysia untuk menjadikan Islam sebagai tuntunan hidup dan bertujuan menjadikan Malaysia sebagai negara Islam.

Presiden PAS sekarang adalah Abdul Hadi Awang dan merupakan salah seorang wakil dewan dari negera bagian Terengganu.

Dalam Pemilu terakhir Partai ini menduduki peringkata 4 Partai terbesar di Malaysia.

Basis pendukung utama PAS ada di Kelantan, PAS menjadi Penguasa Tunggal di Kelantan dan berhasil menguasai Kursi Gubernur disana.

7. PARTAI ISLAH YAMAN

Partai Al Ishlah (At Tajammu’ Al Yamani li Al Ishlah)  Bentukan Ikhwanul Muslimin Yaman dengan tokoh utama Syekh Abdul Majid Azzindani.

Partai ini mempunyai pengaruh besar di Yaman setalah tumbangnya rezim Presiden Yaman Ali Abdullah Saleh.

8. PARTAI KEADILAN DAN PEMBANGUNAN LIBYA

Partai Keadilan dan Pembangunan (Hizbul al-’Adalah wal Bina’)  Ini merupakan partai yang baru berdiri pada awal maret 2012 ini setelah terbunuhnya rezim dikatator Mu'ammar Khadzafi, Partai ini didirikan oleh anggotaIkwanul Muslimin Libya.

Pada pemilu yang lalu partai ini hanya mampu meraup 20% suara dan kalah atas partai sekuler libya.

9. PARTAI KEADILAN DAN PEMBANGUNAN MAROKO

Partai Keadilan dan Pembangunan (Hizbul Adalah wat Tanmiyah) Arah pemikirannya mengarah kepada Ikhwanul Muslimin

Di Maroko secara diam-diam angin reformasi juga berimbas pada amandemen undang-undang. Di antara klausul amandemen itu menyebutkan bahwa Raja mengangkat Perdana Menteri dari partai yang paling banyak kursinya di parlemen. Dan partai Islam, Hizbul Adalah Wat Tanmiyah Memenangkan hampir 37% suara dalam pemilihan umum legislatif yang digelar tanggal 25 November 2011. (Perolehan kursi PJD adalah 107 kursi dari total 395 kursi).

Sebetulnya masih banyak lagi partai-partai yang berafiliasi kepada Ikhwanul Muslimin, Dewasa ini Ikhwanul Muslimin berdiaspora di lebih dari 100 negara. Hasan Al bana boleh jadi sukses di bunuh oleh Penguasa anti islam, namun hari ini ide-ide brilian dari Sang Bana (pembanganun) diadopsi oleh puluhan juta pengikutnya di seantaro dunia yang bercita-cita siap syahid untuk terciptanya islam sebagai Guru bagi Dunia.

DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About MUSLIMINA

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

  1. Di Maroko secara diam-diam angin reformasi juga berimbas pada amandemen undang-undang. Di antara klausul amandemen itu menyebutkan bahwa Raja mengangkat Perdana Menteri dari partai yang paling banyak kursinya di parlemen

    ReplyDelete