ERDOGAN REALISASIKAN MIMPI SANG KHILAFAH 150 TAHUN LALU


Lebih dari 150 tahun yang lalu , Sultan Usmani Khalifah Abdulhamid mengimpikan dan membuat sketsa gambar pembangunan  terowongan di bawah air yang  menghubungkan kerajaannya dari asia menuju  Eropa .
Namun, kurangnya teknologi saat itu dan pembiayaan  mencegah rencananya  dari memenuhi visinya .
Pada hari Selasa ini , rencana khalifah  akhirnya akan direalisasikan oleh  Turki modern dengan membuka terowongan rel kereta api Marmaray yang  menghubungkan sisi Eropa dan Asia di kota bersejarah ini .
” Pendahulu  kita rencanakan ini [ proyek terowongan ] . Dan kini  kita yang  mewujudkannya , ” kata Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan , menurut situs berita Middle East Online .

Sementara terowongan tersebut secara resmi akan dibuka pada Selasa , tetapi  rel  kereta api belum  sepenuhnya dapat melakukan operasionalnya.

Pejabat pemerintah Turki menyatakan dalam  konferensi persnya,  bahwa terowongan tersebut memiliki kapasitas maksimum 1,5 juta penumpang per hari , dan diharapkan dapat  meringankan 20% beban  lalu lintas padat di Istanbul , menurut Hurriyet Daily News .

Erdogan mulai mencanangkan pembuatan  terowongan ini sejak  tahun 2004 , dan proyek ini sebagai salah satu dari banyak proyek ambisiusnya termasuk pembuatan  jembatan ketiga, Dermaga paralel, dan bandara udara ketiga di kota itu.

Pembangunan terowongan dijadwalkan selesai dalam  empat tahun , tapi terjadi serangkaian penundaan karena banyak ditemukan  artefak bersejarah di lokasi  tersebut . (Arby/Dz) DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About MUSLIMINA

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment