Qatar Pindahkan Patung Perunggu Zidane Karena Dianggap Berhala


Sebuah patung perunggu setinggi lima meter, yang menggambarkan legenda hidup sepak bola Prancis, Zinedine Zidane sedang menanduk dada bek Italia, Marco Materazzi, telah dipindahkan dari tempatnya di Doha, Qatar.

Karya seni itu dicabut Senin (28/10), setelah beberapa dipajang pada 3 Oktober silam. Patung itu memantik reaksi keras di media sosial karena kaum konservatif menilainya sebagai bentuk berhala, sementara pihak lain menganggapnya mempromosikan kekerasan.

Patung itu sendiri menggambarkan peristiwa termasyur di partai final Piala Dunia 2006, ketika Zidane diusir dari lapangan karena menyerang Materazzi. Dalam turnamen itu, Italia keluar sebagai pemenang setelah kalah adu pinalti dari Prancis.

Dibuat oleh seniman Aljazair kelahiran Prancis, Adel Abdessemed, pada 2012, patung itu awalnya dipajang di Pampidou Centre, Paris. Patung itu lalu dibeli oleh otoritas museum Qatar.

Media-media lokal menyebutkan bahwa patung yang dinamai “Coup de Tete” itu akan dipamerkan di Arab Museum of Modern Art, bersama karya Abdessemed lainnya.

Kisruh patung Zidane itu menjadi isu yang heboh dibicarakan di media sosial. Di Twitter, tagar “patung Zidane di Qatar” – tentu dalam bahasa Arab – menjadi perbincangan sengit.[beritasatu] DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About MUSLIMINA

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment