Jepang Akan Terbitkan Versi Manga Dari Al-Qur’an untuk Seri ‘Manga de Dokuha’

Kabar terbaru dari Jepang kembali membuat dunia heboh. Bagaimana tidak, East Press, salah satu penerbit di Jepang akan menerbitkan versi adaptasi isi Kitab Suci Umat Islam Al-Qur’an dalam bentuk komik. Adaptasi komik yang diberi judul Manga de Dokuha: Koran (Membaca Lewat Komik: Al-Qur’an) ini adalah bagian dari seri Manga de Dokuha yang merupakan adaptasi komik dari berbagai literatur klasik.

Dalam situsnya, East Press memberikan deskripsi:

Al-Qur’an adalah fondasi dari kehidupan dan ideologi beragama bagi para pengikut ajaran Islam. Nama Islam sering terdengar di berbagai berita, namun karena masyarakat Jepang tidak begitu mengenal Islam, gambaran yang salah atau hubungannya dengan teroris adalah apa yang biasanya ada di benak masyarakat. Jadi sebenarnya apa yang kaum Muslim percayai? Apa yang ada di pikiran mereka? Untuk lebih mengerti tentang komunitas modern Islam, mari coba menelaah tentang tulisan dimana semua itu tertulis.

Seri Manga de Dokuha adalah seri yang mengadaptasi berbagai buku bersejarah karangan Jepang dan pengarang internasional. Buku yang ada termasuk adaptasi manga dari Kitab Injil, buku karangan Hitler Mein Kampf, dan Das Kapital dari Karl Max, selain 133 seri lainnya.

Tidak jelas bagian mana dan akan jadi seperti apa adaptasi manga dari kitab suci ini, yang manapun pastinya diharapkan tidak melanggar kaidah Islam dan juga dapat membantu masyarakat Jepang yang notabene non-Muslim untuk lebih mengenal tentang kaum Muslim, yang saat ini sedang jadi sorotan Jepang setelah insiden penculikan oleh kelompok ekstrimis ISIS.

Berita inipun mendapat respon beragam dari Netizen:

Semoga saja ngga ada unsur mengejeknya..

asal ceritanya bener dan gak ada gambar nabi sama sahabatnya…

Pasti bakal ribut nih … Malah di cekal/cekam ato mungkin bakal dibakar tuh komiknya ato toko nya Nih .. Bahaya …

Gue sih sebenernya seneng, ada manga Islami di Negeri Sakura dan semoga terdapat staff muslim yang ikut dalam proyek tersebut. Lebih bagus lagi kalau mengikutsertakan ahli tafsir. Coz, gak pantes gitu kalo cerita tentang Islam, apalagi diadaptasi dari Al Quran, justru ditulis oleh non-Muslim, bahkan jika mereka staff professional sekalipun. Islam memang agama yang toleran, namun juga sangat sensitif dalam aspek tertentu. Misalnya tentang syariat.

moga moga nih manga ga ngehina agama islam cuma gara gara kasus isis doang!

Hm…. rencana bagus.. biar org” jepang kagak berburuk sangka dgn islam trus….:3 , + smoga isinya sesuai dgn Kaidah -Kaidah islam…B|
hm… klo di indo rilis manga macam begiti pasti org Indon dan para VVibu islam bakaln protes itu haram,kafir dll wkwk….:v

bagus ini, abis baca adaptasinya, anak muda jadi ingin baca yg aslinya

Huwat !? …..
Muahahahahahhaha!? WTF !? Hahahahaha !? WTF !?
ane tunggu, moga2 gak bermaksud menghina !

moga-moga gak melenceng agar tak di sembur oleh laskar ahsudahlah

semoga manga ini tidak menjelek-jelekan, merubah isi Al-Quran dan merusak citra agama kami (Islam)
Amin

Nah, sebagai penggemar Komik Jepang, apa komentar kalian dengan hal ini? Semoga manga yang akan dirilis nanti tidak bertentangan dengan umat Islam ya. Amin. [HP – Sebarkanlah.com /JurnalOtaku, Facebook] DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment