ISW Rilis Peta Kontrol Wilayah Suriah, Siapa Paling Dominan?


Institute for The Study of War (ISW) merilis peta kontrol wilayah Suriah 16 Februari 2017 lalu. Pihak-pihak yang ditampilkan dalam peta ini adalah pasukan Rezim Assad, pasukan oposisi Suriah, pasukan Kurdi, dan pasukan ISIS.
Pasukan rezim Assad terlihat menguasai sebagian besar wilayah Damaskus, Homs, Hama, Tartus dan Latakia. Sedangkan pasukan oposisi mendominasi wilayah Idlib, walaupun juga tersebar di berbagai wilayah lainnya, termasuk Dara’a dan Aleppo Barat.

Adapun pasukan Kurdi, terlihat menguasai wilayah Suriah Utara yang berbatasan dengan Turki dan Iraq, yakni di provinsi Manbij, Qamishli dan Hasakah. Saat ini, pasukan Turki dilaporkan tengah berfikir melakukan serangan ke wilayah Manbij untuk menjaga perbatasannya dari Kurdi.

Sementara itu, pasukan ISIS terlihat menempati sejumlah wilayah Suriah seperti Deir Zour, Abu Kamal, Palmyra dan Raqqah. Pasukan udara koalisi AS dan Rezim Assad ditampilkan kerap melakukan serangan di wilayah-wilayah tersebut. Selain serangan ke Idlib, Dara’a dan Aleppo.

Pasukan rezim Assad ditandai dengan warna pink dan pasukan oposisi Suriah ditandai warna kuning. Sedangkan pasukan ISIS, oleh ISW ditandai dengan warna abu-abu dan pasukan Kurdi ditandai warna ungu. Untuk daerah-daerah yang dikuasai oleh campuran pihak, ditandai dengan warna kuning yang diarsir.

Satu hal yang oleh ISW dimunculkan berbeda adalah kelompok Haiah Tahrir Syam yang baru-baru ini dibentuk. Kelompok itu diberi tanda sendiri oleh lembaga penelitian itu dan tidak dimasukkan ke dalam pasukan oposisi Suriah. Pihak Barat sendiri terus mengingatkan bahwa kelompok ini sebenarnya adalah evolusi dari Jabhah Nushrah, yang memiliki link dengan Al-Qaidah. DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment