Elektabilitas Anies-Sandi Speed-nya Makin Tinggi


Calon gubernur DKI Jakarta nomor urut 3, Anies Baswedan, semakin optimistis menjelang sembilan hari pemungutan suara Pilkada DKI 2017 pada 15 Februari mendatang. Cagub nomor urut 3 yang berpasangan dengan cawagub Sandiaga Uno ini mengaku tren kenaikan elektabilitas semakin terasa sejak sebulan terakhir.

''Bahkan bulan Januari kemarin ini, speed-nya makin tinggi,'' kata Anies usai menghadiri ulang tahun Partai Gerindra ke-9 di DPP Partai Gerindra, Jakarta Selatan, Senin (6/2).

Anies mengaku timnya kini semakin merasa optimistis sekali. Mereka merasa puas dengan hasil kerja timnya. ''Alhamdulillah,'' kata Anies. "Kita bersyukur semuanya berjalan sesuai rencana.''

Poltracking Indonesia belum lama ini merilis hasil survei terbarunya terkait Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017. Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda AR, Rabu (1/2) mengatakan Hasil survei terakhir lambaganya menunjukkan elektabilitas pasangan Anies-Sandi saat ini unggul dengan dukungan 31,50 persen suara responden.

Posisinya disusul oleh pasangan calon nomor urut dua Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat (Ahok-Djarot) dengan perolehan 30,13 persen suara. Pasangan Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni (Agus-Sylvi) berada di posisi buncit dengan 25,75 persen suara.

Sementara pemilih yang belum menentukan pilihannya sebanyak 12,62 persen. "Pada survei-survei kami sebelumnya, elektabilitas pasangan Agus-Sylvi selalu memimpin. Tapi sekarang mengalami penurunan cukup signifikan," ungkapnya.

Hasil survei lembaga konsultasi politik Polmark Indonesia juga menempatkan pasangan Anies-Sandi di urutan pertama. Polmark Indonesia mencatat tingkat keterpilihan Anies-Sandi berada di urutan teratas dengan perolehan dukungan 25,3 persen suara responden. Pasangan Agus Yudhoyono dan Sylviana Murni (Agus-Sylvi) menyusul di urutan keduan dengan angka sebesar 23,9 persen suara. Elektabilitas pasangan Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Syaiful Hidayat (Ahok-Djarot) berada di posisi buncit dengan raihan 20,4 persen suara.

Polmark Indonesia juga mengungkap temuan menarik lainnya terkait preferensi pemilih di Pilkada DKI 2017. Berdasarkan hasil wawancara, ada 23 persen responden yang saat ini masih merahasiakan pilihannya. Mereka yang memiliki kecenderungan untuk memilih Anies-Sandi sebanyak 6,4 persen, Agus-Sylvi 6 persen, Ahok-Djarot 4,2 persen, dan tidak menjawab sebanyak 6,4 persen. DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment