Iran Tolak Hadiri Rapat Darurat OKI untuk membahas serangan terhadap Mekkah


Pemerintah Iran telah menolak undangan resmi untuk berpartisipasi dalam pertemuan darurat yang diselenggarakan oleh Organisasi Kerjasama Islam pada tingkat menteri luar negeri untuk mengecam serangan milisi Houthi Yaman terhadap tempat-tempat suci di Mekah.

Pertemuan OKI pada hari Kamis diselanggarakan atas rekomendasi komite eksekutif OKI untuk mengadakan pertemuan darurat para menteri luar negeri dari negara-negara anggota di Mekkah untuk membicarakan serangan dan dampak nya.

Bulan lalu, Arab Saudi mengatakan telah mencegat rudal balistik sekitar 65 kilometer dari Mekah, mencatat bahwa rudal itu ditembakkan dari Yaman oleh pemberontak Houthi.

Meskipun tidak ada pernyataan resmi yang dikeluarkan oleh Teheran untuk memperjelas alasan di balik ketidakhadiran dalam pertemuan itu, sumber-sumber diplomatik mengatakan kepada surat kabar Asharq Al-Awsat bahwa pemerintah Iran telah menginformasikan OKI bahwa mereka tidak akan mengirim perwakilan ke pertemuan tersebut.

OKI mengirimkan undangan resmi kepada semua negara anggota, termasuk Iran, pada hari Minggu.

Analis politik mengatakan bahwa Iran sedang berusaha menghindari konfrontasi langsung dengan negara-negara anggota OKI, karena perannya dalam mempersenjatai milisi Houthi sudah diketahui dengan sangat jelas oleh semua Negara anggota OKI.

Pertemuan Kamis didahului dengan sesi sebelumnya yang digelar pada 5 November oleh komite eksekutif OKI, di mana peserta menyerukan negara-negara anggota dan masyarakat internasional untuk mengambil langkah-langkah serius dan efektif untuk mencegah terulangnya serangan seperti itu di masa depan dan meminta pertanggungjawaban semua pihak yang menyelundupkan senjata, memberikan pelatihan dan terus mendukung para pemberontak Yaman.

Pakar politik mengatakan bahwa mayoritas anggota OKI berusaha mengajukan protes agar Iran menghentikan dukungannya terhadap semua milisi bersenjata di dunia Arab dan Islam, termasuk para pemberontak Houthi di Yaman, dan untuk mematuhi Resolusi Dewan Keamanan PBB 2216, mekanisme pelaksanaan Inisiatif Teluk dan hasil dari dialog nasional Yaman.

Asharq Al-Awsat DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment