Astaghfirullah, Buku Paket Bahasa Indonesia ‘Jorok’ dan menghina Islam Beredar


Buku pegangan kurikulum 2013 untuk siswa SMP/MTs mata pelajaran (Mapel) Bahasa Indonesia dipersoalkan publik. Soalnya, buku untuk siswa kelas tujuh tersebut, tidak layak sebagai pelajaran. Ini karena memuat kata-kata tak pantas, kasar, jorok, penuh umpatan.

Buku Bahasa Indonesia untuk murid kelas tujuh SMP dan MTsN ini dikeluhkan banyak pihak. Reaksi datang dari kalangan walimurid. Mereka mendesak Dinas Pendidikan segera menarik kembali peredaran buku yang memuat kata-kata jorok dan tidak sopan. ''Harus ditarik sevcepatnya,'' kata Ny Siti Aisyah (53), walimurid siswa MTs, Sabtu (20/9).

Hasil penelusuran dari buku Mapel Bahasa Indonesia terbitan Erlangga tersebut, kata-kata tan pantas terdapat pada halaman 8,10, 11 dan 27. Kalimat jorok dalam isi buku tertulis dalam sebuah dialog cerita antara seorang kiai dengan copet. Maaf, kata-kata 'busyet, bangsat, bajingan', keluar dari mulut kiai saat mengumpat seorang pencopet.

Ny Siti Aisyah (53), salah satu wali murid SMPN di Sukoharjo, tidak habis berfikir kata-kata jorok dalam buku Bahasa Indonesia bisa lolos dari seleksi Kementerian Pendidikan, hingga beredar ke siswa. Buku semacam ini jelas menyesatkan, tidak mendidik siswa sama sekali. Apalagi, buku ini masuk dalam muatan belajar mengajar.

''Sangat tidak sopan sekali, dan tidak patut untuk dijadikan modul siswa sekolah sekelas SMP,'' katanya.

Dia mengatakan, pihak sekolah juga sangat tidak teliti untuk merekomendasi buku pelajaran siswa. Jika sekolah selektif dalam memilih buku pelajaran kejadian, seperti ini tidak akan pernah terjadi. Lebih takutnya lagi, isi kata-kata jorok dalam buku bisa mempengaruhi siswa.

Kalangan walimurid mendesak Dinas Pendidikan untuk menarik semua buku yang telah diedarkan ke siswa. Terlebih kurikulum buku terbitan Erlangga itu dengan standar Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) tahun 2006. Padahal, saat ini sudah melaksanakan kurikulum baru tahun 2013.

Walimurid ditanya asal buku didapat dari sekolah setelah membeli dengan harga Rp 200.000 untuk beberapa paket buku. Termasuk buku Mapel Bahasa Indonesia yang bermasalah itu.(republika)
DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About MUSLIMINA

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar:

  1. gejala/tanda2 sepilis sdh merasuk di dunia pendidikan
    sengaja ntuk merusak moral generasi bangsa

    ReplyDelete
  2. gak heran udah berapa kali buku kurikulum di sisipkan dengan kata2 dan bahasa di luar bahasa pendidikan; perlu di waspadai...ada pihak2 yg memang dgn sengaja membuat ini.

    ReplyDelete