TGB: Pancasila Itu Kemanusiaan Yang Berketuhanan


Gubernur Nusa Tenggara Barat, Muhammad Zainul Majdi atau berjulukan Tuan Guru Bajang (TGB), memiliki penafsiran pribadi terhadap dasar negara Pancasila.

"Pancasila itu apa? Kalau disingkat satu rangkaian yang pendek, bagi saya Pancasila itu Kemanusiaan yang Berketuhanan," ungkap Zainul Majdi pada seminar "Politik Dalam Islam: Membangun Ghirah Politik Umat Islam Dalam Rangka Memperteguh Persatuan Nasional" di Universitas Paramadina, Jakarta, Sabtu (20/5).

Dijelaskan TGB, dari lima sila yang ada, ada satu yang berkaitan langsung dengan ketuhanan. Sedangkan, empat lainnya berkaitan ranah kemanusiaan.

"Jadi, kalau dalam tatanan manusia kita merusak, sesungguhnya kita ingkar pada ketuhanan," jelasnya.

Ikut hadir sebagai narasumber dalam seminar itu adalah politikus sekaligus Ketua Umum PB HMI 1990-1992, Ferry Mursyidan Baldan; konsultan politik pendiri Polmark Indonesia, Eep Saifulloh Fatah; serta Kaprodi Falsafah dan Agama Universitas Paramadina, Fuad Mahbub Siradj. [rmol] DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment