Bebaskan Terduga Pelaku Penyiraman Novel Baswedan, Polri: Tidak Ditemukan Niat Jahat


Terduga pelaku penyiraman dalam kasus penyiraman air keras yang menimpa penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan, Niko Panji Tirtayasa sekaligus keponakan Muchtar Effendi akhirnya dilepaskan pihak kepolisian ke keluarganya di Tasikmalaya, Jawa Barat, pada Jumat, 19 Mei 2017 pagi tadi.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Rikwanto. Ia mengatakan bahwa Mico tak terlibat dan ia memilki alibi yang kuat.

"Setelah dicek semuanya, dikaitkan dengan tanggal kejadian penyiraman Novel, pada akhirnya disimpulkan alibi kuatnya Mico ini tidak terkait dengan kasus tersebut. Jadi, alibinya cukup kuat dan cocok bahwa dia tidak terkait penyiraman itu, sehingga tadi pagi Mico dipulangkan di Tasik, Jawa Barat," tutur Rikwanto, Jumat 19 Mei 2017.

Dalam pemeriksaan Miko tersebut, polisi mendalami di mana Miko saat itu dan siapa saja yang sedang bersamanya ketika penyiraman terjadi.

"Kita teliti siapa bersama dia, siapa yang bisa dikonfirmasi, dan setelah konfirmasi itu, alibinya tepat menyimpulkan bahwa dia tidak terlibat," ucap dia.

Meski begitu, penyidik dari kepolisian tetap melakukan penyidikan terkait pelaku penyiraman kepada Novel itu, baik itu secara induktif dan deduktif.
"Penyidik tetap melakukan tindak penyidikan terkait pelaku Novel tersebut dari TKP secara induktif dan deduktif. Dari bukti kita terus bekerja dan mencari," kata dia.

Rikwanto juga mengungkapkan Miko sebelumnya ditemukan di daerah Bandung dari hasil penyelidikan. Kemudian diamankan oleh pihak kepolisian untuk keperluan pemeriksaan.

"Miko dicari kepolisian dalam kaitan viral video dia di medsos. Dia menyatakan kecewa dan tidak suka dengan kesaksian diapada waktu diperiksa penyidik KPK," ujar dia.

Rikwanto menambagkan, Miko juga menganggap keterangan dia kemarin itu tidak benar, bohong atau palsu, sehingga saudaranya masuk bui yaitu Muchtar Effendi.

Rikwanto menyatakan setelah Miko ditemukan di Bandung, kepolisian membawanya ke Jakarta untuk diinterogasi. Kesimpulan terakhir yang polisi peroleh, bahwa Miko tidak mempunyai niat menyiram Novel dengan air keras seperti yang terjadi pada 11 April lalu. [pid] DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment