Sebar Identitas Pendukung Ahok, Fadli Zon: Menteri Tjahjo Berpotensi Langgar UU ITE


Pimpinan DPR RI mengkritisi langkah Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyebarkan data pribadi Veronica Koman ke group WhatsApp wartawan.

Data pribadi tersebut disebar karena salah satu pendukung Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok tersebut menilai rezim Jokowi lebih parah dibanding rezim SBY saat berorasi di depan Rutan Cipinang, Selasa malam lalu. Bahkan Tjahjo mengancam mengambil langkah hukum.

Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon menilai perilaku Tjahjo sungguh tidak bisa dibenarkan.

“Saya juga agak heran ya itu kalau benar dibocorkan. Karena itu kan data pribadi,” ujar Fadli saat ditemui di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta Jum’at (12/5).

Terlepas dari Tjahjo setuju ataupun tidak dengan orasi Veronica, menurut Fadli, negara demokrasi seperti Indonesia sesungguhnya membebaskan setiap warganya untuk mengeluarkan pendapatnya.

“Tapi tidak boleh kemudian apa yang menjadi pendaparnya itu karena pendapatnya berbeda dengan pemerintah kemudian dibongkar identitasnya, kemudian di share ke publik,” tegasnya.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini menilai apa yang dilakukan Tjahjo berpotensi melanggar Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

Untuk itu, Fadli mengimbau pihak yang merasa dirugikan, dalam hal ini Veronica, untuk mengkaji adanya potensi dan kemudian melaporkan Tjahjo ke pihak berwajib.

“Tergantung dia (Veronica) lah. Kalau misalnya masalah ini diselesaikan dengan dialog mungkin bisa diselesaikan lah,” imbuhnya.

Lebih lanjut menurut dia, Mendagri telah bertindak berlebihan. Pasalnya kebebasan berpendapat di depan umum sesungguhnya dilindungi oleh konstitusi.

“Tidak boleh dikriminalisasi. Mau dukung Pak Ahok, mau dukung Pak Jokowi, mau mengkritik Pak Jokowi itu kan pendapat. Dijamin oleh konstitusi,” ungkapnya.

Mestinya pasca pilkada, pasca rekonsiliasi, kira mestinya semua pihak  bisa cooling down supaya ada yang kondusif.

“Saya kira saudara Djarot yang sudah dilantik menjadi Plt Gubernur adalah orang yang bisa membuat keadaan menjadi lebih baik setelah Pilkada. Saya yakin Pak Djarot bisa melakukan proses transisi dengan sangat baik, dengan dialog, dengan semua pihak,” pungkasnya.[zul] | RMOL DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment