Jokowi Tunjuk Pimpinan KPK Indriyanto Seno Adji Pengacara Kasus Century


Presiden Jokowi telah mengeluarkan perppu pengangkatan tiga pimpinan KPK karena Abraham Samad dan Bambang Widjojanto sudah resmi menjadi tersangka. Selain itu, satu kursi pimpinan KPK kosong setelah Busyro Muqoddas pensiun.

Mereka yang ditunjuk Jokowi adalah pakar hukum pidana Indriyanto Seno Adji, mantan Ketua KPK Taufiqqurahman Ruki, dan Deputi Pencegahan KPK Johan Budi.

Dari tiga pimpinan KPK baru itu, ada satu nama yang berasal dari akademisi, yakni Indriyanto Seno Adji dari Universitas Indonesia (UI). Namanya juga pernah disebut oleh mantan Kabareskrim Polri Komjen Susno Duadji pada 2010.

Catatan yang dilakukan laman Inilah, Susno menyebut nama Prof. Indriyanto Seno Adji dalam rapat pansus kasus Bank Century di ruangan Komisi III, Gedung DPR, Jakarta, Rabu (20/1/2010).

Nama Indriyanto disebut setelah Susno Duadji didesak oleh anggota Pansus dan Fraksi Partai Demokrat Benny K Harman. Benny beberapa kali menanyakan apakah Susno menangkap Robert Tantular atas perintah Jusuf Kalla atau atas dasar informasi.

Berkali-kali juga, Susno menyebut sebelum Robert ditangkap, Bareskrim sudah memiliki informasi.''Lalu, kenapa Robert ditangkap dulu, lalu baru dibuat laporannya oleh BI?'' tanya Benny.''Kalau tidak ditangkap, dia bisa melarikan diri,'' tegas Susno.

''Atas dasar apa Anda menangkap Robert?'' tanya Benny.''Dari informasi. Kan informasi itu ada kualifikasinya, ada A-1 atau yang lain. Nah, saya haqul yakin, kalau Robert ditangkap, maka akan terbukti. Jadi, laporan itu dibuat setelah Robert ditangkap,'' kata Susno.

Pada saat itu, Benny juga mengungkap adanya surat tanggal 5 Juni 2009, yang menyebutkan bahwa dua pemegang saham Century, mau membayar kewajiban ke Bank Century.''Bagaimana Anda tahu ada surat dari Hesyam dan Refat (dua pemegang saham pengendali Bank Century_),'' tanya Benny.''Dari pengacaranya,'' jawab Susno.

Siapa pengacaranya? "Ya, namanya cukup dikenal. Indriyanto Seno Adji,'' kata Susno kembali menjawab pertanyaan Benny.

Saat itu juga, Benny meminta kepada pimpinan rapat Pansus agar memanggil Indriyanto Seno Adji. [inilah/pkn] DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment