Menemukan Islam dalam Karya Shakespeare


Siapa yang tidak mengenal Shakespeare? Penulis asal Inggris ini menulis begitu banyak karya sastra mulai dari puisi hingga drama, yang terus dinikmati hingga saat ini. Tidak heran, Shakespeare menyandang gelar penulis terbesar dunia dalam karya berbahasa Inggris.

Semasa hidupnya, William Shakespeare (1564-1616) telah menulis 38 drama, 154 soneta (puisi), dan dua puisi naratif panjang. Karya-karyanya telah diterjemahkan dalam berbagai bahasa, dan dipentaskan jauh lebih banyak, dari semua naskah drama dari pengarang lain yang ada di dunia. Bahkan, tidak sedikit karyanya yang diadaptasi ulang dalam layar lebar dan memperoleh keberhasilan luar biasa.

Namun, tahukah Anda kalau sebenarnya Shakespeare memiliki hubungan yang “erat” dengan Islam? Anda mungkin tidak akan pernah menduganya, tapi Shakespeare kerap menyebutkan kata-kata yang berhubungan dengan Muslim, Islam, ataupun dunia Islam.

Kata-kata itu disebutkan sedikitnya sebanyak 141 kali, dan tersebar dalam 21 karya yang berbeda. Kata-kata tersebut antara lain Nabi “Mahomet”, Maroko, Barbary, Konstantinopel, Moors, Turki, dan juga Sultan.

Uniknya, jumlah kata yang berhubungan dengan Islam, Muslim, dan dunia Islam ini bahkan jauh lebih banyak dari kata-kata yang merujuk tempat di sekitar tempat Shakespeare tinggal, seperti Irlandia, Skotlandia, ataupun Wales.

Berikut beberapa contoh bagian karya Shakespeare yang berhubungan dengan Islam.

Macbeth

“Semua parfum dari Arab tidak akan mampu mengharumkan tangan mungil ini.”

Pedagang dari Venesia

Pangeran Maroko berkata, “Semua hal yang bersinar belum tentu adalah emas.”

King Henry VI

“Apakah Mahomet terinspirasi oleh merpati?”

Selain kata-kata di atas, ditemukan pula kata-kata Palestina, Damaskus, dan juga Saracen yang ketika itu digunakan oleh orang Eropa abad pertengahan untuk menyebut Muslim. Orang Eropa abad pertengahan hampir tidak pernah menggunakan kata Muslim untuk merujuk kepada mereka yang memeluk agama Islam. Istilah Saracen sendiri awalnya digunakan oleh orang Yunani dan Romawi untuk menyebut orang-orang yang tinggal di daerah gurun. Kata ini kemudian mengalami perluasan makna hingga merujuk kepada Muslim, meski dikatakan bahwa umumnya kata ini memiliki konotasi negatif.

Nah, dapatkah Anda menemukan kata-kata yang berhubungan dengan Islam dalam karya Shakespeare lainnya? (muslimmuseum.org/mizan/ds) DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About MUSLIMINA

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment