PKS Parpol ‘Anak Muda’ Nasdem Partai ‘Orang Tua’


Oleh : Ahcmad Siddik

Menjelang pemilu legislatif 9 April 2014 banyak data dirilis berbagai lembaga terkait karakteristik partai politik (parpol) dan calong anggota legislatif (Caleg). Diantara karakteristik yang mungkin akan dijadikan acuan oleh calon pemilih adalah umur caleg. Pentingkah umur bagi pemilih? Jawaban bisa sangat beragam. Lalu bagaimana karakteristik parpol dari segi usia caleg-calegnya?

Litbang Kompas baru-baru ini merilis grafik data calon anggota DPR periode 2014-2019 dari proporsi usia caleg berdasarkan partai. Sangat menarik untuk dicermati melihat distribusi umur para caleg dari masing-masing partai.

Sebaran umur caleg berkisar dari kelompok umur termuda umur 17 – 25 tahun sampai kelompok umur tertua yaitu diatas usia 56 tahun. Secara sederhana, grafik diatas membagi data setiap 150 orang dengan garis demarkasi.

Saya mulai dari kelompok umur termuda, 17-25 tahun. Kelompok umur ini bila disimak berada pada masa usia sekolah SMU-Mahasiswa S1/S2.  Secara kontek legal caleg yang terdaftar pastilah pada usia 21 tahun atau lebih sesuai Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2012 tentang Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dan Dewan Perakilan Rakyat Daerah (DPRD). Kelompok umur ini tidak banyak jumlahnya yang diajukan parpol menjadi caleg pusat. Pada kelompok umur termuda ini secara visual PPP paling banyak menempatkan calegnya pada kelompok umur yang sangat muda ini.

Kelompok Umur kedua, 26-35, para parpol juga tidak mempunyai banyak calon untuk disodorkan menjadi caleg DPR RI. Secara visual PKB terbanyak menempatkan anggotanya untuk bersaing menjadi anggota DPR RI pada kelompok umur yang masih cukup muda ini.

Berikutnya kelas umur 36-45 yang merupakan usia muda yang “matang” caleg yang bersaing mulai meningkat jumlahnya. Proporsi dalam kelompok usia ini cukup besar. Hasilnya, PKS menempatkan caleg dengan jumlah terbanyak pada kelompok usia ini.

Masuk ke usia hampir setengah dikisaran setengah abad yaitu 46 - 55 tahun, jumlah caleg yang bertarung di senayan hampir serupa jumlahnya di masing-masing parpol. Gerindra memiliki caleg dengan kelompok usia ini yang paling banyak sedangkan PKS paling sedikit.

Kelompok usia terakhir, adalah “paling matang” yakni kisaran usia 55 tahun keatas (digambar diatas 56). Nasdem relative lebih banyak menempatkan caleg-caleg usia tua dibandingkan partai lain. Adapun PKS sangat sedikit menempatkan caleg pada kelompok usia ini di DPR RI.

Bila proporsi kelompok umur disederhanakan menjadi dua kelompok, yakni anak muda yaitu usia 17-45 tahun dan kelompok orang tua yakni usia 45 tahun keatas, maka akan diperoleh data parpol dengan caleg dominan muda dan dominan tua. Parpol yan didominasi oleh anak muda adalah PKS dimana lebih dari proporsinya paling besar berada dikisaran usia 17-45 tahun (warna merah hitam dan kuning). PKS menempatkan anak-anak muda lebih 300 orang yang diajukan sebagai caleg DPR RI dari 492 calon yang diajukannya. PKB secara jumlah total  menempatkan anak muda terbanyak menjadi caleg DPR RI.

Adapun parpol yang didominasi ‘orang-orang tua’ adalah Nasdem karena lebih dari separuhnya berada dikisaran usia lebih dari 45 tahun (warna hijau dan kuning). Demikian juga Hanura dan Demokrat, caleg-calegnya ddiominai usia diatas 56 tahun

Nah sekarang terserah kita sebagai pemilih nanti, apa preferensi kita? Apakah lebih memilih caleg usia muda atau tua? Usia memang tidak menggambarkan kemampuan dan kematangan dalam berpolitik dan menjalankan amanah sebagai wakil rakyat. Setidaknya, bagi calon pemilih, usia bisa menjadi salah satu pertimbangan mereka untuk memberikan suaranya pada caleg dan parpol.

Selamat memilih. Jangan Golput untuk Indonesia yang Lebih Baik!

Data jumlah DCT per parpol bisa dilihat disini:

http://www.jurnalparlemen.com/view/5760/rincian-jumlah-dct-pemilu-2014-per-partai-politik.html DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About MUSLIMINA

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment