Saksi Ahli Bahasa: Tidak Ada Beda Gunakan Kata "Pakai" atau Tidak


Saksi ahli kedua yang memberikan keterangan pada sidang pengadilan kasus dugaan penodaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok pada Senin (13/2/2017) ini, yaitu Prof Mahyuni. Jaksa penuntunt umum (JPU) menghadirkan  Mahyuni sebabagai ahli Bahasa Indonesia.

Dalam keteranganya, Mahyuni berpendapat tidak perbedaan makna jika kata "pakai" digunakan atau tidak digunakan dalam kalimat pidato Ahok di Kepulauan Seribu saat menyebut Surat Al Maidah pada September tahun lalu.

"Saudara ahli, apakah sama makna kalimat yang berbunyi, 'Dibohongi pakai Surat Al-Maidah' dengan kalimat, 'Dibohongi Surat Al-Maidah'? Bagaimana menurut ahli?" tanya JPU Ali Mukartono di hadapan majelis hakim dalam persidang.

Mahyuni berpendapat, menggunakan kata "pakai" atau tidak, sama saja maknanya.
Pengajar di Universitas Mataram, NTB,  itu melihat kata "pakai" merupakan kata pasif yang tidak mengubah makna kalimat jika ada atau tidak disertakan dalam kalimat.

"Tetap alat untuk membohongi itu adalah Surat Al-Maidah karena kalau bicara dibohongi, berarti ada alat yang digunakan untuk berbohong, ada yang dibohongi, ada yang berbohong. Kata bohong itu sendiri, sebelum melihat konteks (kalimatnya), sudah negatif," jawab Mahyuni.

Mahyuni mengatakan telah melihat video pidato Ahok di Kepulauan Seribu yang kini dipermasalahkan dan dianggap sebagai bentuk penodaan agama.

Menurut Mahyuni, ucapan seseorang akan dinilai berdasarkan kompetensinya.

sumber : kompas DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment