Hadar Nafis Akui Situs KPU DKI Diserang Hacker


\Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) pusat Hadar Nafis Gumay membenarkan bahwa ada pihak yang mengganggu situs KPU DKI Jakarta.

Berdasarkan penelurusan TeropongSenayan pada Kamis (16/2/2017) sekitar pukul 14.52, situs KPU DKI Jakarta tidak bisa diakses. Sehingga publik tidak bisa mengetahui informasi hasil pemilihan kepala daerah (Pilkada) DKI melalui laman tersebut.

”Jadi memang ada upaya untuk mengganggu tapi tidak (sampai) terganggu. Artinya bahwa mereka berupaya tapi tidak (sampai) mengganggu,” kata Hadar di kantornya, Kamis (16/2/2017).

Hadar menjelaskan, dampak yang ditimbulkan dari gangguan tersebut memang menyebabkan lalu lintas (traffic) menuju laman (website) milik KPU menjadi lebih rendah. Namun tidak sampai menyebabkan server down.

”Iya memperlambat,” tutur Hadar.

Ia juga tidak merinci lebih jauh tentang asal dari pihak yang hendak mengganggu server milik KPU tersebut. Termasuk indikasi yang beredar bahwa ancaman berasal dari luar negeri.

”Kebetulan akses masyarakat yang mau lihat (hasil Pilkada) juga sangat tinggi,” cetusnya.

Sebelumnya muncul informasi di media sosial tentang ancaman peretas (hacker) yang menyerang laman milik KPU. Dalam informasi itu disebutkan bahwa serangan dilakukan dengan mengirimkan jutaan traffic dalam hitungan menit sehingga menyebabkan server KPU down.(yn) DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment