Skandal Dari Taktik “Melukai Diri Sendiri” Ala Jokowi [Wajib Baca]

Jokowi mengaku banyak dilukai dan ditindas, tapi bukan berarti Prabowo pelakunya. Dalam pertarungan 2 poros, bukan 3 poros seperti yang diperkirakan semula, penyerang lebih banyak berasal dari diri sendiri. Apalagi, Jokowi mengemas dirinya sebagai sosok yang “lemah” dan “merakyat”. Tentu saja, Jokowi akan lebih mudah mendapat simpati apabila “dilukai” atau “ditindas”.

Seperti yang sudah terlihat, Jokowi banyak diuntungkan dari “penyerangan” kepada dirinya itu. Dan memang demikianlah karakter pertarungan 2 poros, melukai diri sendiri untuk mendapat simpati.

Menghilangnya poros ketiga, mengubah peta permainan karena beberapa alasan. Pertama, pertarungan 2 poros merupakan peristiwa pertama kalinya dalam sejarah Indonesia, khususnya di era Reformasi dan Demokrasi ini. Kedua, karakter pertarungan 2 poros di belahan dunia mana pun, cenderung diwarnai oleh aksi melukai diri sendiri. Khususnya bagi kandidat yang mengemas dirinya dalam citra “Lemah” dan “Merakyat” seperti Jokowi.
Namun dalam praktiknya, tentu tidak sesederhana itu. Aspek Stigma Negatif harus diperhatikan. Dalam kasus Pilpres 2014 kita sudah melihat adanya stigma-stigma dari masing-masing kandidat. Stigma untuk Jokowi adalah “Lemah”, “Merakyat”, “Kristen”, “Cina”, “AS” dan sebagainya. Sedangkan Stigma untuk Prabowo adalah “Militer”, “Elit”, “HAM”, “Koalisi Islam”, “Nasionalisasi” dan sebagainya.

Selain aspek Stigma Negatif, tentu juga harus dilihat siapa yang berhasil memposisikan dirinya berada di bawah (Bottom). Karena melakukan kampanye melukai diri sendiri lebih dapat berhasil apabila sang kandidat mendapat kesan “Rakyat Biasa” atau “Lemah”.

Contoh kasus, ketika Bakrie terbang naik Helikopter ke kediaman Prabowo di Hambalang untuk membahas koalisi. Ketika jubir-jubir PDIP dimintakan pendapatnya soal potensi koalisi Golkar – Gerindra, keluarlah istilah Koalisi Helikopter. Tentu sasarannya adalah menciptakan kesan “Lemah” dan “Orang Biasa” pada Jokowi dalam rangka menanggapi pertemuan Bakrie - Prabowo.

Contoh lainnya, ketika merebak kampanye Jokowi RIP (Jokowi Wafat) yang dikesankan juga kalau Jokowi punya nama Tionghoa. Bermula dari akun Facebook milik Nophie Frinsta dan Tatang Badru Tamam, lalu ramai di pemberitaan.
Tentu saja, kampanye Jokowi RIP ini dapat digolongkan sebagai Kampanye Hitam (Black Campaign) karena tidak berlandaskan fakta. Jokowi dan PDIP pun langsung memberikan pernyataan yang intinya mengatakan kampanye hitam terhadap Jokowi sudah keterlaluan.

Bagi yang tidak mendalami bagaimana pesan, dampak dan alur sebaran kampanye Jokowi RIP ini, tentu mudah menuduh pelakunya adalah kompetitor. Namun setelah dilakukan penelusuran, rupanya terbukti bahwa pelakunya adalah tim kampanye Jokowi sendiri.
Foto di atas adalah foto profil akun Facebook Nophie Frinsta sebelum diganti menjadi foto Jokowi RIP.
Foto di atas adalah foto profil akun Facebook Tatang Badru Tamam sebelum diganti menjadi foto Jokowi RIP.

Melihat permainan melukai diri sendirinya ketahuan, PDIP langsung ambil tindakan melaporkan kampanye Jokowi RIP ke Polisi. Dan tentu saja, tindakan ini untuk mengalihkan sorotan bahwa penyebaran kampanye hitam dilakukan oleh timnya sendiri. Saya duga, pada akhirnya PDIP sendiri secara diam-diam akan mencabut laporannya dari kepolisian nantinya.

Tentu saja, bagi logika masyarakat awam akan mudah menyimpulkan “Kalau Jokowi Dilukai, Pasti Prabowo Pelakunya”. Landasannya tentu saja “Jokowi itu lemah, rakyat biasa, berbeda dengan Prabowo yang elit, militer dan punya kuasa”.

Seperti terbukti pada dua kasus yang diungkap di atas, demikianlah strategi kampanye Jokowi dalam menghadapi Prabowo. Jokowi akan selalu mengesankan dirinya “Lemah” dan “Dilukai Elit”, padahal serangan-serangan pada dirinya lebih banyak dilakukan oleh dirinya sendiri.

Melalui tulisan ini, pesan yang ingin disampaikan kepada teman-teman adalah “Kalau Jokowi Dilukai, Bukan Berarti Prabowo Pelakunya”.(KASKUS)
DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About MUSLIMINA

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar:

  1. Yaa benar sx...
    rakyat Indonesia sdh lbh pintar ...
    smga qt tdk salah mmilih ...

    ReplyDelete
  2. Yaa.. benar sx..
    rakyat Indonesia sdh lbh pintar..smga qt tdk salah mmilih.. aamiin

    ReplyDelete