Di Iran, Ramai Foto Pria Berjilbab di Facebook


AWAL bulan ini, wanita Iran banyak yang membanjiri laman Facebook-nya dengan foto-foto dirinya yang memperlihatkan rambut mereka. Kelakuan ini sengaja mereka perlihatkan untuk memperjuangkan kebebasan untuk tidak berjilbab.

Namun, di luar dugaan, fenomena ini mendapat ‘perlawanan’ dari kaum pria Iran. Muncul tren baru di negara kiblat Syi’ah ini. Kini, kaum laki-laki Iran juga beramai-ramai memposting gambar mereka yang mengenakan jilbab ke situs jejaring sosial Facebook.

Selain memposting foto, mereka juga menulis ejekan kepada ribuan perempuan Iran yang telah aktif masuk ke grup “Kebebasan Tersembunyi,” sebuah kampanye kebebasan di situs media sosial yang didirikan oleh jurnalis Iran Masih Alinejad yang berbasis di London.

Hanya dalam dua hari pertama pembentukan kelompok ‘kebebasan tersembunyi’ pada awal bulan ini, tercatat sudah 30 ribu wanita Iran memasang foto ‘bebas’ mereka sendiri tanpa kerudung.

“Ini adalah Iran, angin bertiup membelai setiap helai rambut, ini adalah impian terbesar seorang gadis,” tulis sebuah keterangan pada sebuah foto.

Sejak itu, tandingan grup “kebebasan tersembunyi” ini langsung dibuat, termasuk salah satu grup yang bernama “kebebasan tersembunyi khusus pria,” yang bermaksud untuk mengolok-olok wanita Iran tanpa kerudung. [sm/islampos/aby] DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About MUSLIMINA

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment