Kenapa Outlet Alfamart dan Indomaret Berdekatan? Ini Alasannya


Kehadiran minimarket waralaba seperti Alfamart dan Indomaret yang sedang booming  di banyak daerah, terlihat unik. Keduanya kerap ditemui outletnya berada saling berdekatan. Tidak jarang pula kedua outlet berdiri berdampingan. Akhirnya, soal menarik minat konsumen tergantung dari cara kedua outlet berpromosi dan cara pelayanannya.

Semua ini tidak lepas dari persaingan bisnis. Indomaret yang berada di bawah manajemen PT Indomarco Prismatama  beradu dengan Alfamarta yang digawangi PT Sumber Alfaria Trijata Tbk. Diungkapkan Wiwiek Yusuf, markering director PT Indomarco Prismatama, Alfamart telah meniru konsep bisnis yang dilakukan oleh Indomaret. Bahkan, akibat persaingan ini terjadi pula aksi “pembajakan” karyawan. Wiwiek mengatakan, banyak karyawan Indomaret yang memutuskan pindah ke Alfamart.

“Kita sudah mulai berdiri dari tahun 1985, berjalannya waktu mulai 2000-an (gerai). Mereka belajar dari kita, sebagian (karyawan) kita masuk ke mereka. Mereka targetnya sama, kita sudah survei tempat, katakanlah mereka curi start kita,” kata Wiwiek seperti dikutip situs Liputan6.

Bentuk persaingan yang dilakukan Alfamart juga terbilang ekstrim. Minimarket ini selalu mencari lokasi yang di sana terdapat Indomaret. Namun sekarang, keduanya juga melakukan hal yang sama. Ketika sebuah tempat ada outlet Alfamart baru, tidak lama kemudian dalam jarak yang tidak jauh akan ada Indomaret.

Akhirnya, adanya persaingan ini membuat keduanya gencar promosi. Setiap bulan hampir pasti ada promo penjualan produk yang kadang diwujudkan dengan promo paket penjualan. Semua ini selain untuk memikat konsumen dalam jangka pendek, juga untuk menumbuhkan loyalitas konsumen.

“Mulai dari promosi dan memberikan fasiliatas lebih dari produk dan kemasan. Kita sebisa mungkin buat konsumen puas, meski pasti ada yang tidak puas, bagaimana caranya agar mereka lebih puas lagi datang belanja ke tempat kita,” tutur Wiwiek.(depoknews) DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About MUSLIMINA

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment