Membaca Masa Depan Mesir


By: Nandang Burhanudin
****

Januari 2014, adalah awal tahun yang pasti menegangkan. Akan ada 3 peristiwa besar yang menentukan masa depan Mesir, minimal 8 tahun ke depan;

Peristiwa pertama; 8 Januari persidangan Presiden Mursi. Persidangan yang dipastikan menyedot perhatian dunia, tentu dengan demo yang besar-besaran.

Koalisi Nasional untuk Konstitusional sudah menyatakan hari 8 Januari sebagai hari eksekusi bagi Junta kudeta. Setelah para pendirinya digagalkan berangkat ke Perancis untuk deklarasi pemerintahan, maka KNK fokus pada perlawanan di dalam negeri Mesir. Isu penembakan terhadap As-Sisi diyakini benar adanya. Sejak 17 Oktober, As-Sisi tidak pernah tampil LIVE. Bahkan banyak acara-acara seremonial yang tidak dihadiri As-Sisi.

Peristiwa kedua; Pertengahan Januari 15-18 diperkirakan akan ada referendum konstitusi baru yang dibuat Tim 50, hasil bentukan militer.

Di titik ini, Theodorus III, pimpinan Kristen Koptik Mesir mengintruksikan langsung untuk memberi suara "Iya" pada konstitusi baru yang 100 persen, sangat jauh dari syariat Islam. Tentu Theodorus III memanfaatkan posisi Al-Azhar dan Salafy Mesir yang tengah ketakutan.

Peristiwa ketiga: Peringatan revolusi 25 Januari yang akan dirayakan besar-besaran. Militer dan polisi pun tak mau kehilangan muka, akan turut merayakan.

Ketiga peristiwa di atas, akan menyedot semua sumber daya Mesir. Militer-polisi harus siap-siap berjibaku melakukan pengamanan, dan tentu siap menghilangkan nyawa kembali.

Bahkan, As-Sisi sudah memerintahkan Presiden sementara Adli Mansour untuk mengeluarkan Perpres sosal pendirian komplek penjara. Satu komplek seluas 150.000 orang yang akan didirikan di Jamshah dan Almeniya.

Nampaknya junta kudeta tidak cukup dengan penjara sekarang yang berjumlah 42 penjara, yang satu penjara kapasitasnya 76.000 tawanan. Anggaran satu penjara adalah 700 ribu LE, sama dengan 1 Milyar Dollar, cukup untuk membangun 100 sekolah. DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About MUSLIMINA

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment