Negara Teluk Memanas, Turki Berjanji Akan Perkuat Militer Qatar


Doha- Presiden Recep Tayyib Erdogan mengesahkan keputusan parlemen untuk memperkuat kerjasama militer dengan Qatar. Kesepakatan itu diteken, menyusul panasnya hubungan negara teluk dengan Qatar.

Al Jazeera pada Kamis (08/06) menyebutkan bahwa kesepakatan akan memberlakukan pengiriman divisi militer gelombang pertama ke pangkalan militer Qatar. Berdasarkan kesepakatan ini, Turki akan melebur ke dalam militer Qatar serta juga diberikan hak untuk mendirikan pangkalan militer di sana.

Berdasarkan pernyataan yang dikeluarkan oleh media center di kantor kepresidenan Turki, Erdogan telah mengesahkan keputusan parlemen untuk menurunkan pasukan militernya di Qatar. Selain itu, dijelaskan pula akan terjalin kerjasama antara kedua negara dalam bidang pendidikan dan latihan pasukan keamanan.

Kesepakatan ini diteken menyesul adanya krisis yang dialami Qatar dengan negara-negara teluk. Sebagaimana diketahui, Arab Saudi, UEA, Bahrain, Mesir telah memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar setelah adanya tuduhan yang menyebutkan bahwa Qatar melindungi terorisme.


Sumber: Al Jazeera Arabiya/kiblat DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment