Erdogan Ikut Mediasi Konflik Qatar dan Saudi


Ketegangan terjadi di antara negara-negara Teluk. Empat negara yang digawangi Saudi memutuskan hubungan dengan Qatar. Sekutu Saudi lainnya seperti Yaman dan Maladewa dikabarkan menyusul ikut memboikot Qatar.

Ketegangan ini ditengarai tak terlepas dari sikap Qatar yang mulai mendekat ke Iran. Doha juga dinilai mendukung gerakan-gerakan ekstremis dan terlalu dekat dengan Ikhwanul Muslimin yang dianggap membahayakan sejumlah negara itu.

Kendati demikian, sejumlah negara di kawasan Arab memilih untuk bersikap netral. Salah satunya adalah Turki. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan disebut akan memediasi pihak-pihak yang terlibat konflik.

Wakil Perdana Menteri Turki Numan Kurtulmus mengatakan,  Presiden Erdogan secara aktif telibat dalam upaya untuk meredakan ketegangan antara Qatar dan negara tetangganya. "Erdogan secara aktif terlibat," ujarnya seperti dikutip Aljazirah.

Sementara itu, Pemerintah Qatar juga menginginkan agar persoalan ini diselesaikan dengan cara dialog. DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muhammad Ismail

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment