SAID AQIL LARANG WARGA NU IKUT DEMO ANTI AHOK, ADA APA ??


Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Said Aqil Siroj melarang warga NU ikut demonstrasi terkait pernyataan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengenai ayat Al Quran. Siang ini ribuan massa akan mendatangi Balai Kota Jakarta.

"Warga NU saya larang, Anshor saya larang, pemuda-pemuda NU, mahasiswa NU, PMII saya larang, enggak akan ada yang turun," kata Said usai bertemu Menko Polhukam Wiranto di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (14/10).

Said mengatakan larangan demo di kantor Ahok hari ini untuk menghindari fitnah. Saat ini, kata Said, fitnah telah ditujukan kepada Ahok. Dia khawatir fitnah akan lebih besar lagi dan mengancam keamanan serta ketenangan berbangsa.

Pilihan Redaksi
Ahok Tak Dapat Dukungan dari Koalisi Buruh Jakarta di Pilkada
Ahok di Pusaran Kontroversi
Soal Ucapan Ahok, Ribuan Massa Akan Demo Balai Kota Siang Ini
"Iya kalau demonya baik, kalau ditumpangi pihak ketiga yang politis, bukan hanya masalah surat Al Maidah, targetnya ingin mengubah keadaan, luar biasa," kata Said.

Meskipun melarang warga NU untuk demonstrasi, Said tidak memaksa kelompok lain untuk mengikuti imbauannya. Unjuk rasa baginya sah saja dilakukan asalkan tetap bermartabat, beretika, dan tidak menimbulkan kerusuhan maupun pengerusakan fasilitas umum.

"Kalau terpaksa harus demo, itu sah-sah saja. Silakan demo itu merupakan hak semua orang," katanya.

Said mengatakan, Ahok sendiri telah meminta maaf atas pernyataannya. Bahkan NU telah menerima permintaan maaf itu. Namun, Majelis Ulama Indonesia tidak menerima permintaan maaf Ahok.

"Mau bagaimana lagi, orang kalau sudah mengaku salah, berarti keseleo, tidak sengaja, hal yang sangat mungkin, terjadi dilakukan oleh siapa saja," kata Said.

Dia juga berharap agar Ahok lebih hati-hati dalam mengeluarkan pernyataan di kemudian hari. Kasus beberapa waktu lalu, kata Said, seharusnya dijadikan pelajaran berharga bagi Ahok.

"Pemimpin harus bermartabat, lisannya harus baik, berbudaya, jadi teladan, contoh bagi rakyatnya, perilakunya, ucapannya, sikapnya. Itu kita sayangkan, bukan benci," ujarnya.

Proses hukum atas pernyataan Ahok sedang berjalan hingga kini. Said pun berpendapat, seharusnya masyarakat menunggu proses hukum tersebut daripada main hakim sendiri.

"Lebih baik diproses, kan berangkat dari praduga tak bersalah kalau diperiksa, berangkat dari nol, daripada masyarakat main hakim, itu yang bahaya sekali," kata Said. (rel/abm) DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment