Jika Terpilih Menjadi Presiden AS, Donald Trump Berjanji Jadikan Yerusalem Sebagai Ibu Kota Israel


 Kandidat presiden Amerika Serikat (AS) Partai Republikan, Donald Trump, berjanji kepada Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu bahwa AS akan mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel sepenuhnya. Ini dikatakannya saat mereka berdua bertemu.

Sebagaimana dilansir AFP, Senin (26/9/2016), pertemuan itu dilangsungkan di Trump Tower, pada Minggu (25/9) waktu setempat. Janji pengakuan Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel itu akan terealisasi bila Trump berhasil terpilih menjadi presiden AS.

"Trump memahami Yerusalem telah lama menjadi Ibu Kota abadi dari kaum Yahudi selama 3.000 tahun, dan AS di bawah kepemimpinan Trump akan menerima mandat kongres yang telah lama didirikan untuk mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota penuh dari Negara Israel," demikian pernyataan kampanye Trump.

Israel merebut bagian timur Yerusalem yang masuk wilayah Arab lewat perang Arab-Israel pada 1967. Israel mencaplok wilayah itu pada 1980.

Soal pembicaraan dengan Trump, pihak Netanyahu menyatakan tema yang diangkat seputar keamanan dan stabilitas menuju perdamaian di Timur Tengah. Trump, dalam kampanyenya, menjanjikan Israel sebuah strategi luar biasa. Strategi itu berupa kerjasama teknologi dan militer.(dnu/dnu) DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Muslimina

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment