Taliban Rilis Video Pelepasan Bergdahl


Taliban pada hari Rabu merilis sebuah video yang menampilkan pertukaran sandera dengan pasukan khusus Amerika di wilayah timur Afghanistan.

Bowe Bergdahl yang dikawal oleh 2 pejuang Taliban nampak linglung saat diserahkan kepada pasukan khusus tentara AS. Dalam video itu nampak sejumlah pejuang Taliban bersiaga dibeberapa bukit terdekat dengan bersenjata peluncur roket. Mereka mengawasi secara ketat pelepasan Bergdahl, yang terakhir berpangkat sersan.

Operasi pelepasan Bergdahl ini berjalan sekitar 1 menit. Mulai dari pendaratan helikopter Blackhawk hingga lepas landasnya, demikian laporan worldbulletin.net.

"Jangan panik," teriak sejumlah pejuang Taliban saat Blackhawk mendarat di lembah tandus terpencul di provinsi Khost, dekat perbatasan dengan Pakistan.
 
Saat Blackhawk mendarat, dua pejuang Taliban mendekati helikopter, satu membawa kain putih kasar yang terkait dengan tongkat dan yang lain membawa Bergdahl.

Tiga laki-laki berjalan kaki dari helikopter Amerika. Salah satunya adalah seorang penerjemah, suara seorang narator Taliban  dalam video tersebut.

Sebuah pesawat dan helikopter terlihat berputar di atas daerah tersebut saat penyerahan. Para pejuang Taliban pun bersorak gembira atas proses pertukaran ini.

Bergdahl ditangkap oleh Taliban setelah meninggalkan markasnya dalam keadaan tidak jelas dan menghabiskan lima tahun dalam masa penawanan oleh Taliban. Ia belajar bahasa Pashtun dan nampak berminat terhadap buku-buku Islam, menurut Taliban. Pria 28-tahun ini sekarang di sebuah rumah sakit militer di Jerman, menjalani pemeriksaan fisik dan mental.

Bergdahl dibebaskan dalam sebuah kesepakatan yang ditengahi oleh pemerintah Qatar. Dalam pertukaran ini, 5 tokoh Taliban yang dipenjara di Guantanamo dibebaskan dan diterbangkan ke Qatar. Lima anggota Taliban itu digambarkan oleh Senator John McCain sebagai orang-orang yang penting bagi Taliban.

Lima tahanan dibebaskan oleh pejabat keamanan Amerika itu, antara lain, Khair Ulla Kata Wali Khairkhwa, Mullah Mohammad Fazl, Mullah Norullah Nori, Abdul Haq Wasiq dan Mohammad Nabi Omari.(muslimdaily)


ket gambar: Berghdahl yang berpakaian putih khas orang Afghanistan saat dilepas DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About MUSLIMINA

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar: