Subhanallah, Rasulullah Melarang Mencabut Uban Ternyata Terungkap Kebenarannya dalam Dunia Medis


 “Janganlah mencabut uban (rambut putih) karena uban adalah cahaya pada hari kiamat nanti. Siapa saja yang beruban dalam Islam walaupun sehelai, maka dengan uban itu akan dicatat baginya satu kebaikan, dengan uban itu akan dihapuskan satu kesalahan, juga dengannya akan ditinggikan satu derajat.” (HR. Ibnu Hibban dalam Shahihnya. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan)

Salah satu yang umum dilakukan orang untuk mengatasi rambut putih yaitu dengan cara mencabut satu per satu.

Sebaiknya hentikan aktivitas mencabut uban karena di bawah kulit kepala tempat tumbuhnya akar rambut terdapat banyak saraf. Sehingga mencabut uban bisa mengganggu fungsi sejumlah saraf.

Memakai pewarna rambut bisa menjadi alternatif jika uban yang tumbuh sudah terlalu banyak. Sebaiknya pilih pewarna rambut yang tidak merusak rambut. Bisa juga mewarnai rambut menggunakan bahan-bahan alami seperti kemiri dan biji pepaya.

Selain penanganan dan perawatan seperti di atas, berikut beberapa cara yang dianggap tepat menunda tumbuhnya rambut uban di usia relatif masih muda.

Berhenti Merokok
Merokok terbukti secara ilmiah mempercepat penuaan pada sel-sel tubuh. Berhenti merokok juga dapat meningkatkan sirkulasi dan memperlambat tumbuhnya uban. Perokok aktif empat kali lebih mungkin mengalami uban lebih dini dibandingkan orang yang tidak merokok.

Jaga Cairan Tubuh
Produksi melanin menurun karena berkurangnya asupan mineral tembaga ke dalam tubuh. Sebaiknya hindari minuman berkafein seperti teh dan kopi. Begitu pula minuman beralkohol. Dianjurkan memperbanyak minum air putih.

Hindari juga makan makanan berlemak dan mengandung oksidan tinggi seperti gorengan, makanan pedas dan asam setiap harinya karena makanan ini dapat mengurangi kadar air dalam tubuh. Kurangnya kelembaban tubuh menghalangi nutrisi mencapai kantung pada rambut yang berakibat pada memutihnya rambut.

Tidur Cukup
Tidur merupakan waktu terbaik untuk relaksasi tubuh serta menurunkan tingkat stres. Tidur cukup juga membuat seseorang tampak awet muda.

Konsumsi Vitamin B12 dan Omega-3
Kurang vitamin B12 dan Omega-3 mengakibatkan rambut memutih lebih cepat. Jadi konsumsi makanan kaya vitamin B12 seperti telur, keju, sapi, pisang, ikan, daging domba, dan unggas.

Perbanyak juga kandungan tembaga seperti kepiting, tiram, minyak biji matahari, delima, biji labu, bayam, blackberry, kacang mede, dan kacang almon.

Tingkatkan Sirkulasi Darah
Peredaran darah yang lancar penting untuk mencegah rambut memutih. Tidak ada gunanya memakan semua vitamin dan mineral, apabila semua itu tidak dapat mencapai kulit kepala dan rambut. Jadi, berolahragalah secara teratur. Perlu juga diperhatikan untuk memijat kulit kepala dengan ujung jari setiap hari selama 5-10 menit. [inilahkoran] DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About MUSLIMINA

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

9 komentar:

  1. Mengenai pewarna rambut, apakah dalam Islam diperbolehkan ? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh mewarnai rambut, kecuali dengan warna hitam. Merah hijau boleh, yg ga boleh itu dengan warna hitam.

      Delete
  2. Biarkan uban tumbuh...gk usah ditunda karna hari kiamat tidak ada yang tau kapan datangnya. So get smoking, eat gorengan, drink coffee and begadang

    ReplyDelete
  3. Lah hasil risetnya mana? Kok malah kebanyakan sarannya. Mengganggu syaraf apa? Efeknya apa? Gak jelas nih

    ReplyDelete
  4. Hubungannya apa sama cahaya pada hari kiamat? Pahala = uban? Kalo gitu ngerokok aja terus biar ubanan. Pahalanya tambah banyak tar.
    Yang riset anda sendiri? Syaraf apa ya?

    ReplyDelete
  5. judul sama isinya sepertinya kurang pas

    ReplyDelete
  6. Ngawur tu jawaban boleh pk pewarna rambut tapi jangan warna hitam..mana hadist nya??
    yg benar adalah...boleh pakai pewarna rambut tapi dari bahan alami..seperti daun pacar..
    sekarang sudah banyak extract daun pacar...yg disebut dengan Henna!

    ReplyDelete
  7. aneh....untuk mendapatkan uban butuh puluhan tahun baru dapat...kok begitu dapat malah dicabut atau di warnai...h.h..h..

    ReplyDelete