Anis Matta: Partai Islam Pikirkan Pengajuan Capres Sendiri


Presiden PKS Anis Matta mengemukakan, target yang ingin dicapai dalam pertemuan tentang koalisi parpol Islam, Kamis (17/4) malam di Cikini adalah memikirkan kemungkinan parpol Islam mengajukan capres sendiri. Dan PKS akan membawa hasil pertemuan itu ke Majelis Syuro untuk diambil keputusan.

“Pada prinsipnya partai Islam sejak reformasi tidak pernah pisah, dan selalu ada di koalisi pemerintahan. Sehingga pertemuan itu ingin memastikan partai Islam tetap berada di pemerintahan ke depan,” kata Anis Matta usai pertemuan parpol, ormas, dan tokoh Islam di Cikini, Kamis (17/4) malam.

Lebih lanjut Anis mengemukakan, sejak poros tengah dicetuskan hingga sekarang partai Islam tidak pernah pisah, dan selalu ada di koalisi pemerintahan. “Saat ini sedang dicari format koalisi baru yang memungkinkan partai Islam seluruhnya insya Allah tetap akan ada di pemerintahan," imbuh Anis Matta.

Sementara itu Ketua Majelis Pertimbangan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais yang turut hadir dalam pertemuan tersebut menjelaskan, parpol Islam sepakat mengambil peluang berkoalisi. Dan hasil pertemuan tersebut  dengan terlebih dulu akan dibicarakan di masing-masing partai.

"Parpol Islam, ada PKB, PKS, PAN, PBB, PPP, ulama NU, dewan dakwah dan MUI, mau bekerja sama berkoalisi, namun akan dibicarakan di internal dulu," ujar Amien.

Amien sendiri mengusulkan koalisi tidak hanya antarpartai Islam, tetapi menarik juga partai nasionalis, dan koalisinya disebut Koalisi Indonesia Raya. Menurut dia, tidak mungkin parpol Islam berjalan sendiri tanpa kekuatan lain.

“Kekuatan lain itu adalah partai nasionalis, " tandas Amien.

Pertemuan yang digagas Tim Pelaksana Koalisi Parpol Islam tersebut hingga semalam belum mengerucut pada nama yang akan diusung sebagai capres dan cawapres. Pertemuan masih akan berlanjut secara bertahap setelah masing-masing parpol membahasnya secara intenal. [tajuk] DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About MUSLIMINA

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment