5 KEAJAIBAN GARAM YANG HARUS KAMU TAHU


Sebagian besar dari kamu mungkin hanya mengenal garam sebagai bumbu dapur atau sekadar bahan baku untuk mengusir ular saat berkemah. Tapi, ternyata ada beberapa fakta garam yang harus kamu tahu, seperti halnya 5 fakta tentang garam yang bakal bikin kamu terkejut, tercengang, bahkan terpesona

1. Garam Digunakan Sebagai Alat Pembayaran.

Di Ethiopia, garam digunakan sebagai alat pembayaran. Hal ini disebabkan oleh kultur dan tingkat perekonomian yang sangat rendah sehingga masyarakat setempat masih melakukan barter untuk mendapatkan barang. Yang juga menarik adalah ketika mereka harus rela menempuh perjalanan menuju gurun bersuhu 34 derajat Celcius Danakil Depression selama 2 hari untuk memperoleh lembaran-lembaran garam yang nantinya dijadikan sebagai alat pembayaran tersebut.

2. Terdapat Padang Garam Terluas di Dunia
Salar de Uyuni merupakan padang garam paling besar di dunia yang terletak di Bolivia. Padang ini bisa kamu rasakan sebagai cermin besar yang pastinya bikin kamu tercengang saat berada di dalamnya.

3. Ada Garam Hitam
Ternyata, garam putih yang kita kenal, ada juga garam berwarna hitam yang diproduksi di India dengan cara mencampurnya dengan biji Harad. Campuran yang menguap itulah yang nantinya akan membuat garam memiliki gumpalan berwarna hitam.
4. Gaji Tentara Romawi

Pada zaman dahulu, terdapat mitos yang mengatakan bahwa para tentara Romawi dibayar dengan menggunakan garam. Padahal, mereka tetap dibayar dengan menggunakan uang, namun uang tersebutlah yang kemudian dibelikan garam.
5. Disebut Emas Putih

Pada Abad pertengahan, harga garam melambung tinggi, bahkan tiga kali lipat lebih mahal daripada daging. Oleh karena itu, garam juga disebut sebagai “emas putih” pada masa itu.(BJB/TSL)
DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About MUSLIMINA

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment