Turki: Sikap Kami Terkait Kudeta Mesir Sama Sekali Bukan Urusan Emirate


Kementrian Luar Negeri Turki mengecam keras pernyataan yang dikeluarkan oleh Emirate terkait pidato Presiden Turki Rajab Tayeb Erdogan di depan sidang PBB di New York pada Rabu lalu.

Dalam pernyataannya pada kemarin Sabtu (27/09) Kemenlu Turki memandang bahwa "sikap Emirate tersebut menyalahi etika diplomatik, dan dengan alasan apapun tidak bisa diterima". Turki juga mengatakan bahwa: "dalam berpolitik, Turki selalu berpijak diatas prinsip-prinsip demokrasi, hukum internasional, nilai-nilai kemanusiaan, dan senantiasa mengutamakan hak-hak legitimasi rakyat, dan Turki senantiasa berpijak kepada konsep-konsep tersebut pada setiap parhelatan internasional dengan konsisten".

Turki menegaskan bahwa "menghormati pilihan rakyat yang berlangsung secara demokrasi, dan mengecam penggulingan pemerintahan terpilih dengan cara-cara yang tidak demokratis seperti kudeta; adalah hasil dari sikap Turki yang senantiasa berpegang kepada prinsip. Turki mengambil sikap politik ini atas dasar legitimasi demokrasi".

Kemenlu Turki menjelaskan bahwa bisa jadi sebahagian negara merasa tidak nyaman dengan sikap Turki ini, tapi bukan menjadi haknya untuk melancarkan tudingan yang tidak layak kepada Presiden Erdogan, karena sikap seperti itu sangat berlawanan dengan kemashlahatan hubungan persahabatan kedua negara.

Turki menyampaikan harapannya agar Emirate bisa menghormati nilai-nilai standar hubungan antar negara dan tidak sembarangan mengeluarkan pernyataan-pernyataan pada berbagai permasalahan yang bukan menjadi urusannya secara langsung.

Perlu disebutkan bahwa Kemenlu Emirate pada kamis lalu memprotes berbagai kecaman yang dilancarkan Presiden Turki Rajab Tayeb Erdogan terkait berbagai permasalahan internal Mesir pada pidatonya di depan sidang PBB di New York. Dalam pernyataan yang dipulikasikan oleh berbagai kantor berita resmi Emirate, Kemenlu Emirate menilai hal itu sebagai tindakan intervensi terang-terangan terhadap internal Mesir. Seperti dilansir Anadolu, Sabtu (27/09)-[Syaff]

http://www.aa.com.tr/ar/turkey/395968

DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About MUSLIMINA

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment