Salahkan Anak Buah, Ahok Menutupi Kesalahannya Sendiri


Sikap Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang menyalahkan bawahannya terkait rendahnya penyerapan anggaran mendapatkan kritik.

Pengamat Tata Kota Binsar Siagian menilai sikap Ahok demikian menghilangkan patron anak buahnya di lingkungan Pempro DKI. Terlebih rendah atau tingginya penyerapan sebenarnya juga ditangan pimpinannya.

"Saya bilang janganlah menyalahkan anak buah. Sekarang anak buah kehilangan patron. Kalau ada krisis of management, seharusnya pimpinan yang bertanggung jawab jangan menyalahkan anak buah" kata Binsar, Minggu (28/9).

Menurutnya, saat ini pemerintah mencoba mencuci bersih krisis of management yang sedang terjadi dengan mengalihkan ranah politik. Sikap ini diambil Ahok untuk menutupi diri dari kesalahannya dengan mempertaruhkannya melalui peta politik yang ada.

"Ada terobosan terbaru yang di buat oleh Ahok untuk menutup diri dari kesalahannya itu, mencoba mempertaruhkan dengan peta politik yang ada. Ini berbahaya buat pemerintahan," jelas Binsar.

Ketua Umum LSM Karya Cipta Bangsa ini berharap Wakil Gubernur DKI Jakarta yang saat ini dipercayakan oleh Joko Widodo sebagai Plt dan bakal gubernur DKI Jakarta benar benar mengintervensi langsung mengenai penyerapan anggaran.

"Kalau memang belum siap ULP itu ya kembalikan dulu lah kepada unit unit tehnik supaya penyerapan dana bertambah" katanya.

Dalam penilaiannya, Jakarta sebagai barometer Ibukota menjadi catatan terburuk di dunia dengan penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang hanya menembus 30 persen. Hal yang belum pernah terjadi pertumbuhan kota-kota besar penyerapannya di bawah 50 persen.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama sebelumnya mengtatakan persoalan sumber daya manusia di Pemerintah Provinsi DKI sebagai penyebab rendahnya penyerapan anggaran. Salah satu penyebabnya, SDM di lingkungan kerjanya belum terbiasa dengan pola pengadaan lewat satu pintu. (aktual) DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About MUSLIMINA

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment