Karyawan ‘Fast Food’ Mengatakan: “Jangan Pesan Makanan Ini!”


Info mengenai kesehatan dan kebersihan makanan siap saji jarang diketahui masyarakat awam. Hal itu disebabkan karena pada makanan siap saji, kebanyakan dari mereka selalu membuat produknya di “dapur rahasia” mereka yang berada dibelakang, dan tak dapat dipantau langsung oleh konsumennya.

Bagaimana untuk dapat mengetahui keadaan yang sebenarnya di dalam “dapur rahasia” mereka? Salah satu cara untuk mengetahuinya adalah dengan menanyakan kepada karyawan atau mantan karyawan mereka.

Kadang kita juga bertanya, kenapa para karyawan mereka jarang memakan produk yang justru mereka buat sendiri. Atau paling tidak mereka baru mau memakan produk yang mereka buat tersebut dengan cara pembuatan yang berbeda, dengan cara mereka sendiri, dan yang jelas bukan untuk konsumen.

Berikut adalah produk yang kadang membuat sebagian orang merasa jijik dengan predikat “siap saji”, dan semua ini justru datang dari karyawan siap saji yang mengakatak kepada kita bahwa,”Lebih baik jangan memesan makanan ini…”

1. Wendy’s Chili

Anda mungkin kaget ketika Anda mendengar yang satu ini. Bahwa daging yang digunakan dalam Wendy’s Chili adalah daging yang telah mengering di atas panggangan. Lalu, daging yang telah gosong itu dimasukkan ke pembakaran sampai kondisinya cukup pantas untuk dapat digunakan sebagai cabai sambal.

2. KFC Barbecue Sandwiches

Sandwich barbekyu ini terbuat dari daging yang sudah lama dan basi, bahkan tak layak untuk diberikan kepada anjing peliharaan sekalipun. Namun apa yang terjadi? Dengan kondisi sudah seperti ini, kemudian sandwich barbekyu ini masih dapat direndam dalam saus barbekyu yang menutupi semua rotinya untuk menipu penglihatan konsumen dan disajikan kepada Anda.

3. McDonalds Chicken McNuggets

McNuggets yang terlihat segar di McDonalds belum tentu segar. Karena produk ini sudah terlalu lama “bengong” di bawah lampu pemanas dengan timer yang di set secara berulang ulang. Jadi siapa yang tahu, sejak berapa lama produk tersebut sudah berada di sana?

4. Dunkin Donuts Doughnuts

Anda mungkin telah melihat iklannya, dimana tukang roti Dunkin Donuts itu bangun pagi dan terus mengatakan, “Saatnya untuk membuat donat,” secara berulang-ulang. Nah, dalam kenyataannya, ternyata donat-donat itu justru dikirim ke masing-masing outlet Dunkin Donuts dengan menggunakan kendaraan bermil jauhnya.

5. Gas Station Slurpees

Jangan pernah membeli Slurpee dari stasiun pompa bensin atau di sembarang tempat lainnya. Karena nyatanya ada yang terkumpul dalam mesin mereka, yaitu cairan yang sudah seperti residu yang berjalan melalui mesin itu beratus-ratus kali hingga akhinya sampai ke cangkir yang Anda pesan.

6. McDonald’s McCafe

Mesin-mesin di McCafe pada saat akan dicuci atau dibersihkan terlihat sangat menjijikkan karena kotornya. Dan nyaris tidak pernah dibersihkan oleh karyawan spesialis, melainkan dibersihkan hanya oleh karyawan yang tidak dilatih untuk membersihkan mesin tersebut. Hasilnya, tetap ada sekitar lima inci lumpur kopi di dalamnya, dan bahwa kopi yang Anda pesan, harus melalui lumpur kopi itu terlebih dahulu sebelum masuk ke cangkir Anda.

7. Einstein Bros. Eggs

Tahukah anda bahwa Einstein Bros. Eggs nyatanya tidak menggunakan telur asli? Jika Anda makan di sana, justru jangan memakan apa pun yang memiliki rasa seperti telur di dalamnya! Selain itu juga, produk tersebut ternyata menunggu konsumen dalam wadah selama berjam-jam lamanya.

8. Baseball Park Hot Dogs

Jangan pernah membeli hotdog di acara bisbol, basket, sepakbola atau pertandingan lainnya di stadion. Karena setelah mereka memanggangnya, lalu hotdog dan makanan sejenis lainnya disimpan lagi ke dalam panci yang biasa digunakan untuk menyimpan air. Nantinya, pada saat akhir pergantian shift karyawan, panci air yang digunakan untuk tempat penyimpanan itu dimasukkan kembali ke dalam lemari es dan akan dikeluarkan lagi pada keesokan harinya. Hal ini dapat berlangsung selama berhari-hari lamanya, begitu seterusnya.

9. Movie Theater Popcorn

Jangan pernah membeli popcorn di bioskop film untuk pertunjukan pertama. Karena popcorn yang tersisa sejak malam sebelumnya tidak dibuang, melainkan banyak diantara penjual menyimpannya dalam kantong plastik untuk sampah lalu diletakkan tidak terlindungi dan terkadang sering digerogoti oleh serangga ataupun tikus. Wew!

10. Starbucks Secret Menu Drinks

Masih tetap mengacu pada pengakuan para mantan karyawan mirip seperti pada produk-produk diatas, ternyata minuman menu rahasia ini sebenarnya tidak benar-benar memiliki resep rahasia tertentu. Sehingga “barista” dapat membuat apa pun yang mereka ingini dengan menempatkan rasa dan bahan tambahan di dalamnya. Jadi jika anda tahu apa yang anda inginkan untuk sebuah rasa, anda dapat memintanya kemudian secara khusus.

Itulah pengakuan menurut para karyawan dan mantan-mantan karyawan di masing-masing produk diatas yang paling sering dikonsumsi oleh banyak orang awam. Makanya tak mengherankan jika kita amati, justru para karyawan atau mantan karyawan tak pernah mau memakan produk cepat saji buatan mereka sendiri, kecuali jika terpaksa.

Namun yang jelas, paling tidak mereka para karyawan telah membeberkan hal negatifnya kepada masyarakat. Masalah mau mengkonsumsi atau tidak, semua kembali kepada konsumennya apalagi karena mereka tak memahami bagaimana produk itu diolah dan dibuat sebelum mereka makan. Namun sangat miris jika yang masih mengkonsumsi dan memakan produk itu adalah orang telah mengetahui hal negatifnya. Semoga bermanfaat. DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About MUSLIMINA

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar: