Segumpal darah yg dimaksud Rasulullah adalah JANTUNG... bukan HATI


“Ketahuilah bahwa di dalam tubuh ini terdapat segumpal darah. Apabila segumpal darah
itu baik, maka baik pula seluruh anggota tubuhnya. Dan apabila segumpal darah itu buruk, maka buruk pula seluruh anggota tubuhnya. Segumpal darah yang aku maksudkan adalah JANTUNG ...(bukan HATI)”
-- Hadis Riwayat Al-Bukhari --

dalam terjemahan hadits diatas, kata qalbu diterjemahkan menjadi hati (dimagh)
ibarat kalimat "broken heart" lebih cocok diterjemah dengan "patah jantung" daripada "patah hati"

padahal dengan merubah makna, maka hadits tsb tidak lagi mengandung makna ilmiah
karena menurut penelitian, jantung memiliki memory dan menentukan perilaku sesorang ketimbang otak

Imam ghazali dalam kitabnya menganjurkan ketika berdiri sholat, telapak tangan diletakkan tepat diatas jantung, menurut saya ada hikmah ilmiah dibalik itu.

dan dari banyak kasus transplantasi jantung (instal jantung donor) si penerima jantung berubah kepribadian secara drastis, berubah sifat, berubah kesukaan, dan berubah kebiasaan... seperti menjadi orang lain
DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About MUSLIMINA

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

3 komentar:

  1. sumber ilmiahnya dari mana?

    ReplyDelete
  2. Bro, pernah liat atau dengar maupun baca tentang operasi by pass jantung? Ada dua teknik nya, satu melakukan operasi disaat jantung tetap "hidup" dan ini beresiko. Yang kedua operasi by pass jantung dgn "mematikan" jantung dan menggantikannya dgn jantung/alat pompa darah buatan dan ini lebih kecil resiko nya.

    Nah kalau lo seksama, maka hadits yg lo pegang hancur....

    Pelajarilah dan peganglah hanya quran....

    By novus.ordo_seclorum@rocketmail.com

    ReplyDelete
  3. Ass blogger...saya ada sedikit menyampaikan bahwa yang namanya qolbu itu artinya hati,dan arti dari segumpal darah ialah hati,tadi juga diterangkang bahwa baik segumpal darah itu baik maka baiklah seluruh anggota tubuhnya,begitu pula sebaliknya,sudah menjadi pasti orang membuat sesuatu itu dari niat,niat itu didalam hati,niat yang baik akan menjadi yang baik dan begitu pula sebaliknya.hati ialah ujung pangkal lidah,semua tergantung dari hati,saya telah beri tahu oleh seseorang, bahwa rukun islam ada lima dan masing2 meliki amal (perbuatan), ini dibagi menjadi amal qolbu (hati) dan amal perbuatan.oke,rukun islam yang pertama ialah mengucapkan kalimat syahadah,amal perbuatannya ialah kita mengucapkan "asyhaduallailahaillalah waasyaduannamuhammadarrasulullah" itu ialah amal perbuatan,sekarang saya menanya kan amal qolbu (hati) untuk rukun islam yang pertama itu apa?? Banyak orang yang tidak mengetahui oleh amal qolbu ini,jawabannya sederhana yaitu zikrullah (menyebut nama allah didalam hati).mana ada aturan yang boleh langsung kedua tanpa melalui yang pertama,jadi kesimpulan saya lakukan rukun islam yang pertama baru yang seterusnya..mudah mudahan bermanfaat bagi kita semua ass....

    ReplyDelete