Perjanjian Hudaibiyah dan Internasionalisasi Islam sampai Sriwijaya
Tidak banyak yang menyoroti implikasi Perjanjian Hudaibiyah terhadap fase perkembangan Islam di kemudian hari. Padahal jika dicermati, sebenarnya Perjanjian Hudaibiyah inilah titik tolak proses internasionalisasi Islam menembus batas-batas teritorial Madinah – Makkah. Fase inward looking berubah menjadi outward looking.
Perjanjian Hudaibiyah memberikan kesempatan kepada Nabi dan ribuan pengikutnya untuk jeda dari perang rutin dengan kafir Mekkah. Mereka bisa bernafas lega dan dapat mengatur strategi dan taktik dakwah lebih maju.
Dalam kesempatan yang disediakan oleh Perjanjian Hudaibiyah tersebut, Nabi Muhammad Saw pun sibuk mengirim delegasi dan surat seruan masuk Islam ke berbagai kekuatan dunia saat itu. Tercatat terdapat 43 surat seruan masuk Islam ke penguasa-penguasa yang dikenal saat itu. Beberapa dari surat berisi seruan Nabi itu masih terdokumentasi hingga hari ini. Di antara yang terkenal misalnya surat ke Kaisar Hiraklius penguasa Romawi, Abrawaiz Kusrow II imperium Persia saingan imperium Romawi, Maukaukis penguasa Mesir, Negus Raja Etiopia, dan lain-lain.
Salah satu dari isi surat tersebut misalnya dibawa oleh duta Nabi, Dihyah bin Khalifah Al-Kalby, kepada Hiraklius dengan bunyi sebagai berikut: “Bismillahirrahmannirrahhim. Dari Muhammad, hamba dan utusan Allah kepada Heraklius penguasa Romawi. Salam sejahtera bagi siapapun yang mengikuti petunjuk. Amma ba’du.
Dengan ini, aku menyerumu untuk memeluk Islam. Masuk Islamlah, maka Allah akan mengganjarmu dengan pahala dua kali lipat. Akan tetapi, jika engkau menolak, engkau harus menanggung dosa orang-orang Arisi. Wahai Ahli Kitab, marilah (berpegang) kepada satu kalimat (ketetapan) yang tidak ada perselisihan antara kami dan kalian.”
Kepada Abrawaiz Kusrow II imperium Persia, melalui penguasa protektorat Persia di Bahrain berbunyi sebagai berikut:
“Bismillahirrahmanirrahim. Dari Muhammad hamba Allah dan Rasul-Nya. Kepada Kusrow penguasa rakyat Persia. Salam sejahtera bagi yang mengikuti petunjuk dan beriman kepada Allah SWT dan Rasul-Nya. Aku bersaksi behawa tiada Tuhan kecuali Allah yang Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Aku mengajak dengan seruan Allah.
Sesungguhnya aku adalah Rasul Allah kepada seluruh umat manusia supaya dapat memberi peringatan kepada orang-orang yang hidup hatinya dan supaya ketetapan azab kepada orang-orang kafir itu pasti. Masuklah Anda ke dalam Islam, niscaya akan selamat. Jika kamu menolak, sesungguhnya kamu memikul dosa kaum Majusi.”
Dari pola dan sifat isi surat-surat Nabi yang menargetkan pribadi-pribadi berkuasa saat itu yang jumlahnya diketahui 43 surat, jelas surat-surat itu tentu juga dikirimkan dari Timur hingga Barat. Kekaisaran China, India hingga Sriwiijaya kemungkinan besar menerima pula surat-surat seruan tersebut. Jarak antara semenanjung Arab dengan nusantara, bukanlah halangan, sebab sejak lama koneksi perdagangan melalui jalur laut hingga ke China dengan apa yang disebut jalur sutra laut (jalur emas) telah terbentuk.
Para pelaut di zaman kuno, menguasai dengan baik navigasi dan transportasi melalui laut berdasarkan karakter dan pola angin. Di nusantara, dilalui dua angin musin yang setiap setengah tahun berubah arah. Pada bulan Oktober-April berhembus angin musim barat sedangkan bulan April-Oktober berhembus angin musin timur. Para pelaut yang berangkat dari Maluku telah menggunakan angin musim timur untuk berlayar menuju pusat perdagangan di bagian barat, misalnya menuju Makasar, Gresik, Demak, Banten sampai ke Malaka. Sebaliknya, kapal dari barat yang berlayar menuju ke wilayah timur menggunakan angin musim barat. Pada bulan Juni-Agustus kapal berlayar ke Ayuthia (Thailand) dan Cina, sedangkan pada bulan September-Desember angin balik berhembus ke selatan. Malaka adalah tempat transit paling sibuk yang menghubungkan Cina dan India hingga Arab, Persia, Iskandaria, Bizantium dan Eropa kala itu. Adapun Malaka merupakan kota besar bagian dari wilayah Sriwijaya.
Sebagai natur tumbuhnya suatu kekuasaan, tentu tidak mungkin muncul secara tiba-tiba. Cikal-bakalnya bisa puluhan tahun sebelumnya. Demikian juga dengan cikal-bakal kemaharajaan Sriwijaya.
Jika berdasarkan prasasti Kedukan Bukit, ditemukan nama Maharaja Sriwijaya, Dapunta Hyang Srijayanasa bertahun 683 Masehi dan Prasasti Talang Tuwo tahun 684 Masehi. Jauh sebelum itu, tentulah kekuasaan Sriwijaya telah terbina. Pada prasasti Kedukan Bukit itu terkandung keterangan bahwa Raja Sriwijaya baru saja menaklukkan Minanga Tamwan dengan 20.000 prajurit marinir dan 1.312 infantri.
Secara berturut-turut dapat diuraikan di sini.
1. Dapunta Hyan Srijayanasa (terdapat dalam Prasasti Kedukan Bukit tahun 683 Masehi dan Prasasti Talang Tuwo tahun 684 Masehi.
2. Sri Indrawarman (terdapat dalam Berita Cina tahun 724 Masehi)
3. Rudrawikrama (terdapat dalam Berita Cina tahun 728 Masehi)
4. Wishnu (terdapat dalam Prasasti Ligor tahun 775 Masehi
5. Maharaja (terdapat dalam Berita Arab tahun 851 Masehi)
6. Balaputera Dewa (terdapat dalam Prasasti Nalanda tahun 860 Masehi)
7. Sri Udayadityawarman (terdapat dalam Berita Cina tahun 960 Masehi)
8. Sri Udayaditya (terdapat dalam Berita Cina tahun 962 Masehi)
9. Sri Sudamaniwarmadewa (terdapat dalam Prasasti Leiden tahun 1044 Masehi)
10. Marawijayatunggawarman (terdapat dalam Prasasti Leiden tahun 1044 Masehi)
11. Sri Sanggaramawijayatunggawarman (terdapat dalam Prasasti Chola tahun 1044 Masehi)
Namun sebenarnya, raja-raja Sriwijaya di atas tersebut baru yang tercatat. Adapun catatan tentang kerajaan ini tidak banyak. Parameswara, pendiri kerajaan Islam di Malaka dipastikan merupakan keturunan raja-raja Sriwijaya seperti halnya Raden Fatah pendiri Kerajaan Demak merupakan keturunan imperium Majapahit. Baik Sriwijaya maupun Majapahit, mendasarkan keunggulan kerajaannya di lautan.
Penguasaan Laut di Masa Lalu
Sebelum bangsa-bangsa Eropa mengontrol jalur laut nusantara dan mendesak kerajaan-kerajaan seperti Mataram mengalihkan perhatian ke pedalaman, lautan merupakan jalur transportasi umum dengan menggunakan perubahan angin musim dan ilmu perbintangan. Kapal-kapal produksi musantara yang khas, baik dari segi layar, kekuatan dindingnya, sistem dan manajemen operasinya, maupun kekhasan cadik dan dayung-dayungnya yang banyak, memungkinkan bagi mereka tidak gentar menghadapi gelombang dan badai.
Di gambarkan dalam naskah Bujangga Manik, kapal Jung Jawa biasa hilir mudik menuju India. Panjangnya 40-an meter lebih, dapat memuat beban 600 ton. Dari masing-masing sisi terdapat 25 orang tenaga pendayung.
Susunan awak kapal yang mengoperasikan kapal tersebut sebagaimana yang dia catat bahwa para pendayung adalah orang Marus (Baros di Sumatra Utara?), para pengayuh orang Angke (di Jakarta?), penanggung jawab layar orang Bangka, kepala kelasi orang Lampung, juru kemudi orang Jambi, juru panah orang Cina, juru sumpit orang Melayu, juru tarung orang Salembu (belum teridentifikasi), juru perang orang Makassar, juru sergap orang Pasai.
Dengan gambaran sistem seperti itu, dapat dibayangkan bahwa sebenarnya kapal itu multi fungsi: transportasi, kapal dagang, sekaligus kapal militer. Kapal jung jawa juga digambarkan sangat besar dan ketika Portugis menembakkan peluru meriam ke kapal tersebut, sama sekali tidak mengakibatkan kerusakan. Dinding kapal dilapisi empat lapis papan jati yang kuat.
Dengan gambaran selintas profil kapal-kapal nusantara tersebut dapat dimaklumi bila orang-orang Nusantara menguasai jalur lalu lintas laut nusantara.
Tatkala Raja Jayanasa maupun Indrawarman mengabarkan kemegahan kerajaannya ke Imperium Umayyah sekaligus mengundang hadirnya Islam di Nusantara, kesan superioritasnya dapat dimaklumi.
Memiliki armada besar, istana yang megah, kekayaan yang melimpah–digambarkan lebih kaya dari kerajaan di India–tentu Sriwijaya pantas melakukan hal itu. Namun yang mengesan lagi adalah Sriwijaya mengundang Islam ke kerajaannya. Apakah surat Nabi atau khalifah setelah Nabi telah sampai ke Sriwijaya, belum ditemukan buktinya.
Akan tetapi melihat pola dakwah Nabi setelah Perjanjian Hudaibiyah yang ekspansif, tentu bisa saja dimungkinkan seruan Islam telah hadir di wilayah Sriwijaya. Sebab, di Cina sendiri kabar Islam telah diketahui dengan apa yang mereka kenal agama murni. Sementara, Sriwijaya merupakan kerajaan yang dinamis dan ekspansif.
Ketika Sri Indrawarman meminta Umar bin Abdul Aziz, salah seorang penguasa Umayyah, untuk dapat mengajarkan hukum-hukum Islam, sekali lagi kesan sikap dinamis, terbuka dan percaya diri, tercermin dengan jelas.
Dengan demikian, dapat diduga, Islam telah dikenal dan disiarkan di Sriwijaya yang masanya sezaman dengan Nabi, Khulafaurrasyidin, Umayyah hingga Abbsiah. Wallahua’alam bisshshowab. (sed)
0 komentar:
Post a Comment