Menaker Larang Guru Agama dari Luar, NU: Ini seperti Zaman Orba Saja


Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) RI memberlakukan revisi peraturan menteri ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 40 Tahun 2012. Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Hanif Dhakiri, menuturkan bahwa tenaga kerja asing (TKA) sebagai guru-guru agama apa pun tidak diperbolehkan lagi masuk di Indonesia. Hal itu dilakukan agar penyebaran paham radikalisme keagamaan tidak berkembang di Indonesia.
 
Menurut Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Maksum Machfoedz, kebijakan ini perlu dipikirkan lagi efektivitasnya dalam menanggulangi persebaran paham radikalisme keagamaan dari luar ke Indonesia.

“Ini kan seperti pada zaman Orde Baru, yang melarang-larang buku Marxisme di RI. Apakah ajaran dan ideologi bisa dibendung dengan cara itu?” kata KH Maksum Machfoedz dalam pesan singkat yang dikutip dari ROL, Ahad (4/1).

Lebih lanjut, Kiai Maksum meragukan pengaruh guru-guru agama dalam mendukung suatu paham. Kata tokoh NU ini, yang lebih menonjol pengaruhnya justru para warga negara Indonesia yang merupakan alumni perguruan tinggi asing. Sebab, sekembalinya mereka ke Indonesia, kata Kiai Maksum, mereka bisa jadi menyebarkan paham radikalisme kepada masyarakat Indonesia tanpa aktif melalui institusi pendidikan dalam negeri.

“Makanya, kalkulasi harus cermat agar tidak terjebak dengan policy yang tidak jelas,” ujar KH Maksum Machfoedz, Ahad (4/1). [Islamedia/rol/SF] DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment