Investigator Black Box AirAsia Bakal Merinding Bayangkan Isi Percakapan Kapten Irianto


Investigator Nurcahyo Utomo merupakan ahli periksa rekaman blackbox dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). Ia ditugaskan untuk memeriksa rekaman percakapan Kapten Irianto yang menerbangkan pesawat nahas Air Asia, QZ8501. Namun hal itu bukanlah tugas yang mudah baginya, karena ia mengenal sangat dekat dengan pilot mantan penerbang Angkatan Udara Indonesia tersebut.

Seperti dikutip dari Dailymail, Rabu (14/1/2015), Nurcahyo merinding ketika mendengar kata-kata terakhir Kapten Irianto, sebelum pesawat yang dikemudikannya jatuh di Selat Karimata. "Mendengarkan rekaman dari kotak hitam berulang-ulang dapat mengganggu dan membutuhkan kekuatan mental yang baik," ujarnya.

"Mendengarkan rekaman kotak hitam sebuah pesawat yang terlibat dalam kecelakaan tidak seperti mendengarkan musik atau diskusi," lanjutnya.

Ia mengaku tak percaya harus mendengar kata-kata terakhir dari orang yang mengajarkannya menerbangkan pesawat tersebut. Meski demikian ia harus menyelesaikan mendengar seluruh rekaman percakapan tersebut.

"Mendengar percakapan terakhir akan menjadi kunci untuk mengungkap penyebab kecelakaan AirAsia. (Dari sana) kami dapat mengetahui apa yang sebenarnya terjadi sebelum kecelakaan itu terjadi dari percakapan pilot dan co-pilot," katanya DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment