Jokowi akan Beli Drone Rp 4,5 T, Pakar Maritim: Itu Seharga UFO


Direktur  Indonesia Maritime Institute (IMI), Y Paonganan, mengecam rencana presiden terpilih Joko Widodo, yang akan membeli pesawat tanpa awak (Drone) seharga Rp 4,5 triliun.

Paonganan menyebut keinginan Jokowi itu cara menipu rakyat dengan embel-embel teknologi canggih.  “Penggunaan drone dalam memberantas illegal fishing menunjukkan bahwa Jokowi tidak paham permasalahan illegal fishing yang kian marak,” tegas Paonganan seperti dikutip Rakyat Merdeka Online (01/09).

Menurut Paonganan, kerugian negara akibat illegal fishing sekitar Rp 218 triliun per tahun, sebagian besar akibat illegal license dan unreported fishing. Kapal-kapal penangkap ikan yang beroperasi di laut NKRI banyak yang memiliki izin double. Drone tidak bisa mengidentifikasi kapal yang berijin ataupun tidak.

Di sisi lain, Paonganan menilai harga tiga drone yang mencapai Rp 4,5 triliun terlalu mahal. “UFO kali seharga itu. Paling mahal 38 M buatan Israel,” tulis Paonganan di akun Twitter @ypaonganan, terkait harga Drone di pasaran.

Diberitakan sebelumnya, Jokowi menegaskan bahwa untuk menjaga keamanan laut, pemerintah akan membeli tiga unit Drone seharga Rp 4,5 triliun. Kata Jokowi, drone tersebut untuk mengawasi laut dan salah satunya mengantisipasi pencurian ikan di wilayah maritim Indonesia.

“Tutup lubang, gali jurang,” tulis @ypaonganan, mengomentari sikap Jokowi tersebut.(intelijen) DVD MURATTAL
Share on Google Plus

About MUSLIMINA

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment